Devotion 173 : BERBEDA TAPU SATU

Devotion 173 - Dr. Heintje Kobstan
BERBEDA TAPI SATU
Bacaan: Yohanes 10

Manakah yang lebih baik, baju bisa sama tapi hati berbeda atau baju tidak sama tapi hati menyatu?

Yesus adalah orang Yahudi, lahir dari keluarga Yahudi, besar dalam lingkungan Yahudi, mengikuti pendidikan Yahudi, menjalankan agama dan adat istiadat Yahudi. Setelah Ia dibaptis oleh Yohanes, maka Ia menyampaikan kebenaran tentang Allah yang sesungguhnya dengan cara berbeda dari para ahli Taurat dan orang Farisi.
Mengapa orang Farisi dan ahli Taurat membenci Yesus? Karena cara dan gaya hidup Yesus berbeda dengan mereka. Mereka tidak senang dengan ajaran Yesus, gaya hidupNya, cara Yesus memandang diriNya sendiri, cara Yesus melihat Allah sebagai Bapa, atau hal lainnya. Padahal Yesus sedang mengerjakan pekerjaan Allah yang luar biasa bagi dunia ini. Yesus bukan hanya memperkenalkan kasih Allah dan keselamatan tapi juga mengajarkan nilai-nilai Kerajaan Allah.
Yesus, ahli Taurat dan orang Farisi sama-sama orang Yahudi juga berprofesi yang sama yaitu dalam bidang keagamaan namun mengerjakannya dengan cara yang berbeda dan mendapat hasil yang berbeda pula. Perbedaan inilah yang menimbulkan kebencian bahkan pembunuhan.

Berbeda-beda tapi satu! Dalam kekristenan ada perbedaan denominasi, beda sinode, beda gereja, beda tata cara ibadah, beda dogma namun 1 Tuhan. Perbedaan ini seharusnya disinergikan untuk menjadi satu kekuatan bukan perpecahan. Sungguh alangkah baik dan indahnya jika kita semua bisa duduk rukun bersama dalam perbedaan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yohanes 10:32 "Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT