Devotion 579 : MEMAHAMI RENCANA TUHAN

Devotion 579 - Dr. Heintje Kobstan
MEMAHAMI RENCANA TUHAN
Bacaan: Hakim-hakim 13

Siapakah yang tidak kenal dengan Simson, hakim Israel yang luar biasa dari suku Dan. Nama dan keperkasaannya tidak hanya bisa dibaca di Alkitab, akan tetapi juga telah difilmkan dengan berbagai intepretasi, termasuk dunia perfilman Indonesia. Akan tetapi, jika kita melihat kisah kelahirannya sebenarnya dilatar belakangi ketiadaan hakim di Israel, dan Israel ditindas Filistin selama 40 tahun akibat melakukan kejahatan dimata Tuhan. Tetapi Tuhan mempunyai rencana untuk menolong mereka melalui Simson.

Bukan hanya itu saja, Simson ternyata merupakan anak mujizat, karena ibunya seorang yang mandul. Bahkan apa yang harus dilakukan ibunya selama kehamilan dan kelak akan jadi apa anak ini telah dinyatakan oleh Malaikat TUHAN. Sejak dari dalam kandungan, Simson telah ditentukan oleh Tuhan untuk menjadi seorang nazir Allah yang akan menyelamatkan orang Israel. Rencana penyelamatan orang Israel dari orang Filistin sudah dinyatakan pada waktu Simson masih dalam kandungan. Tetapi Israel harus menunggu sampai janji itu menjadi nyata, yaitu sampai Simson menjadi dewasa. Penantian ini membutuhkan kesabaran namun pasti akan membuahkan hasil. Bukan hanya kesabaran tetapi umat Tuhan juga harus mengerti rencana Allah dan kesetiaanNya pada janjiNya. Seandainya kita tidak mengetahui rencana Tuhan, jangan protes atau mengeluh tetapi minta agar Tuhan memberikan hikmat dan pengertian untuk mengerti rencanaNya. Berlakulah seperti Manoah yang bertanya kepada Malaikat TUHAN akan apa yang harus mereka lakukan terhadap kehidupan Simson kelak.

Mintalah hikmat dan pengertian untuk memahami rencana Tuhan dan sabarlah menantikan janjiNya tergenapi.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 13:12 "Lalu kata Manoah: "Dan apabila terjadi yang Kaukatakan itu, bagaimanakah nanti cara hidup anak itu dan tingkah lakunya?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT