Devotion 572 : MENTALITAS PAHLAWAN

Devotion 572 - Dr. Heintje Kobstan
MENTALITAS PAHLAWAN
Bacaan: Hakim-hakim 6

Israel mengalami tekanan yang sangat keras oleh Midian. Mereka tidak bisa bertani karena setiap kali mereka menabur, orang Midian dan Amalek datang memusnahkan taburan itu. Saking ketakutannya, orang Israel membuat perlindungan dipegunungan yakni di gua-gua dan kubu-kubu. Ketika mereka sangat tertekan dalam ketakutan maka barulah mereka berseru kepada Tuhan. Dan Tuhan mengutus nabiNya untuk menolong mereka.

Adalah Gideon seorang muda yang sedang mengirik gandum di tempat pemerasan anggur agar terhindar dari orang Midian. Dalam ketakutannya, Malaikat TUHAN mendatanginya dan berkata, "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani." TUHAN mengetahui keadaan Gideon, tetapi TUHAN bisa melihat potensi Gideon dan menemukan keberanian dan mentalitas pahlawan dalam dirinya. TUHAN mengetahui potensi yang terpendam dalam diri umatNya dan TUHAN akan memakai itu menjadi kemuliaan bagi namaNya. Gideon yang termuda dari kaumnya, dan kaumnya adalah yang terkecil dari sukunya Manasye dipanggil TUHAN untuk menyelamatkan Israel dari Midian. TUHAN tidak memandang latar belakang kita, tetapi jika kita menyerahkan hidup dalam tanganNya maka TUHAN akan menjadikan pahlawan yang gagah berani. Dengan keberanian yang TUHAN berikan, ia mengerahkan orang-orang Abiezer, suku Manasye, Asyer, Zebulon dan Naftali untuk menyertaiNya. Ia juga yang merubuhkan tiang berhala Baal tempat pemujaan orang Israel. Dan sebelum berperang, ia minta Tuhan pernyataan Tuhan. Gideon tetap mengandalkan Tuhan dalam peperangan melawan Midian walaupun ia tahu bahwa Tuhan telah memberikan janji kemenangan baginya.

TUHAN memberikan potensi pada setiap orang dan potensi itu akan bangkit jika orang tersebut menyerahkan hidup dipakai olehNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 6:16 "Berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Tetapi Akulah yang menyertai engkau, sebab itu engkau akan memukul kalah orang Midian itu sampai habis."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT