Devotion 560 : KEMALASAN

Devotion 560 - Dr. Heintje Kobstan
KEMALASAN
Bacaan: Yosua 18

Yosua marah di tengah perkumpulan seluruh suku Israel di Silo. Mengapa? Karena masih ada 7 suku lagi yang belum mendapatkan tanah warisan. Apakah dikarenakan mereka belum mendapatkan undian wilayah? Atau karena faktor kemalasan? Israel telah berhasil menaklukkan Kanaan, yang kemudian Kemah Pertemuan dipindahkan ke Silo. Namun keberhasilan ini belum sepenuhnya tercapai, mereka harus terus berperang sampai semua wilayah terkuasai dan bebas dari orang Kanaan. Tetapi yang terjadi adalah mereka tidak lagi melanjutkan peperangan itu sehingga masih tersisa 7 suku yang hidup bersama suku lainnya.

Faktor yang membuat mereka tidak mau pergi dan menguasai seluruh Kanaan adalah MALAS. Hal ini diungkapkan langsung oleh Yosua dalam pidatonya di depan seluruh suku: "Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu?". Tuhan memang berjanji untuk memberikan tanah Kanaan bagi orang Israel, tetapi mereka sendiri harus mengambil bagian dan berjuang untuk mendapatkannya. Kanaan merupakan daerah yang diberikan oleh Tuhan kepada Israel untuk hidup dan menggenapi kehendak Tuhan. Demi mewujudkan hal tersebut maka Yosua kembali mengutus orang-orang untuk pergi menjelajahi tanah itu dan mencatat keadaan wilayah yang belum diduduki dan kemudian Yosua membaginya kepada ke-7 suku. Yosua harus mendorong mereka untuk berjuang menduduki setiap wilayah yang telah dibagikan kepada mereka. Kemalasan 7 suku mengajarkan bahwa berkat di depan mata akan hilang jika kita tidak berusaha untuk mengambilnya.

Kemalasan bisa membuat umat Tuhan tidak menikmati janji dan anugerahNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 18:3 "Sebab itu berkatalah Yosua kepada orang Israel: "Berapa lama lagi kamu bermalas-malas, sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT