Devotion 552 : TUHAN BEKERJA BERSAMA UMATNYA

Devotion 552 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN BEKERJA BERSAMA UMATNYA
Bacaan: Yosua 10

Setelah raja Yerusalem, Adoni-Zedek mendengar bahwa Israel telah mengalahkan Yerikho dan Ai juga Gibeon kota yang cukup besar dan berisi para pahlawan telah bergabung dengan Israel, maka sangat ketakutanlah ia. Sehingga ia mengajak Hoham, raja Hebron; Piream, raja Yarmut; Yafia, raja Lakhis, dan Debir, raja Eglon, untuk bersekutu melawan Israel. Dan kemudian mereka berkemah mengepung Gibeon. Sehingga Gibeon meminta bantuan kepada Israel sebagai sekutunya.

Israel yang telah terikat komitmen dengan Gibeon mulai bergerak dari Gilgal untuk membantu Gibeon. Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyerahkan mereka kepadamu. Tidak seorang pun dari mereka yang akan dapat bertahan menghadapi engkau." Maka Israel berjalan semalam-malaman dan kemudian langsung menyerang pasukan Yerusalem dan sekutunya dengan tiba-tiba. Tuhan pun menurunkan batu dari langit sehingga yang mati dengan batu lebih banyak dari pedang. Israel sehari-harian berperang dan mengejar musuh mereka, sampai Yosua memerintahkan agar matahari berhenti di atas Gibeon dan bulan berhenti di atas Ayalon. Maka berhentilah matahari dan bulan seperti yang dikatakan Yosua, sampai akhirnya mereka mengalahkan Yerusalem dan sekutunya bahkan kemudian menyulakan 5 raja tersebut. Ini adalah bukti jika Tuhan ikut berperang maka kemenangan pasti milik umatNya. Walaupun demikian, Israel tidak tinggal diam tetapi ikut terlibat bersama Tuhan untuk melakukan kehendakNya. Tuhan telah berjanji memberikan kemenangan bagi umatNya  tetapi umat Tuhan jangan berpangku tangan tetapi ikut terlibat juga melakukan kehendakNya.

Tuhan tidak bekerja sendirian tetapi Ia ingin bekerja bersama umatNya untuk menyelesaikan kehendakNya di muka bumi ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 10:42 "Semua raja ini dan negeri mereka telah dikalahkan Yosua sekaligus, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN, Allah Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT