Devotion 553 : KETAATAN YANG MENDATANGKAN KEMENANGAN

Devotion 553 - Dr. Heintje Kobstan
KETAATAN YANG MENDATANGKAN KEMENANGAN
Bacaan: Yosua 11

Israel bukanlah bangsa yang besar, namun menerima janji untuk menjadi bangsa yang besar yang mendiami Kanaan, tanah perjanjian. Tetapi untuk menempati tanah Kanaan, Israel harus berperang dan merebut tanah itu dari bangsa-bangsa yang berdiam disana. Dalam beberapa peperangan, Israel mengalami kemenangan. Tetapi di pasal ini merupakan peperangan terbesar bagi Israel karena mereka menghadapi persekutuan banyak bangsa di Kanaan mulai dari Utara, Timur dan Barat yang semuanya itu dipimpin oleh Yabin, raja Hazor.

Dan inilah peperangan terakhir yang sangat menentukan apakah Israel akan memiliki tanah Kanaan atau tidak. Menghadapi ini, Yosua dan seluruh Israel mengalami ketakutan. Sehingga Tuhan pun harus berfirman kepada Yosua: "Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku menyerahkan mereka mati terbunuh semuanya kepada orang Israel. Kuda mereka haruslah kamu lumpuhkan dan kereta mereka haruslah kamu bakar dengan api." Maka bangkitlah semangat Israel, mereka tidak menunggu didatangi musuh tetapi merekalah yang mendatangi musuh yang sedang berkemah di Mermon. Secara tiba-tiba, Israel memukul dan mengalahkan mereka karena Tuhan telah menyerahkan bangsa-bangsa itu kepada Israel. Seperti yang diperintahkan Tuhan maka kuda mereka dilumpuhkan dan kereta mereka dibakar dengan api, ini tanda ketaatan Israel. Demikianlah Yosua merebut Kanaan mulai dari pengunungan sampai dataran rendah. Israel mengalami kemenangan bukan karena mereka memiliki strategi, kekuatan dan kekayaan tetapi karena ketaatan mereka pada Tuhan, Sang Panglima perang.

Ketaatan pada kehendak Tuhan akan menghasilkan kemenangan bagi umatNya dalam berbagai situasi kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 11:16 "Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu, pegunungan, seluruh Tanah Negeb, seluruh tanah Gosyen, Daerah Bukit, serta Araba-Yordan, dan Pegunungan Israel dengan tanah rendahnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT