Devotion 550 : MENGANDALKAN TUHAN

Devotion 550 - Dr. Heintje Kobstan
MENGANDALKAN TUHAN
Bacaan: Yosua 8

Janganlah berjalan sendiri dengan kekuatan dan hikmat manusia tetapi andalkan Tuhan yang melebihi semuanya itu.

Dalam perang sebelumnya Israel dipukul kalah oleh pasukan Ai karena ketidaktaatan mereka yang melanggar kekudusan Tuhan. Setelah Israel menyelesaikan dosanya maka sekarang Tuhan menyuruh mereka untuk berperang kembali dengan Ai. Namun kali ini Israel harus mengikuti dan menaati strategi dari Tuhan sendiri, dan hasilnya adalah Israel mengalami kemenangan atas Ai. Israel kembali bangkit dari kegagalan mereka, kekalahan yang mereka alami dari Ai telah menemplak mereka untuk tidak sombong dan terus belajar mengandalkan Tuhan.

Ketika Israel mengalahkan Yerikho, maka Tuhan membuat nama Yosua menjadi terkenal dan ditakuti oleh bangsa-bangsa di Kanaan. Ketika itu Yosua menaati perintah Tuhan. Namun saat menghadapi Ai mereka mengalami kekalahan yang memalukan. Hal ini bukan hanya disebabkan Akhan melanggar kekudusan Tuhan tetapi juga karena Yosua tidak bertanya pada Tuhan tetapi mengandalkan informasi dari para pengintai. Seandainya Yosua meminta pentunjuk Tuhan sebelum menghadapi Ai, maka Israel tidak akan mengalami kekalahan yang memalukan. Tetapi ketika Yosua menaati perintah Tuhan, maka Israel mengalami kemenangan yang besar atas Ai. Walaupun Yosua sudah mendapatkan jaminan kemenangan kemana pun ia pergi tetapi ia dan Israel harus tetap mengandalkan Tuhan sebagai Panglima perang. Sebagai orang percaya yang mendapatkan jaminan kemenangan dan penyertaan Tuhan, kita tetap harus senantiasa mengandalkan Tuhan dalam segala hal dan menaati perintahNya.

Kita harus senantiasa mengandalkan Tuhan dan menaati perintahNya dalam segala hal maka Ia akan menuntun kita di jalan kemenanganNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 8:28 "Yosua membakar Ai dan membuatnya menjadi timbunan puing untuk selama-lamanya, menjadi tempat yang tandus sampai sekarang."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT