Devotion 570 : KEMENANGAN HANYA BAGI MEREKA YANG MENGANDALKAN TUHAN

Devotion 570 - Dr. Heintje Kobstan
KEMENANGAN HANYA BAGI MEREKA YANG MENGANDALKAN TUHAN
Bacaan: Hakim-hakim 4

Setelah Ehud, hakim di Israel meninggal dunia maka orang Israel kembali melakukan apa yang jahat dimata Tuhan. Setiap seorang hakim bangkit di Israel, maka dia akan menuntun Israel untuk takut akan Tuhan. Tetapi jika ia mangkat, maka Israel kembali melakukan kejahatan. Sehingga Tuhan menghukum mereka, kali ini mereka ditindas oleh Yabin raja Kanaan melalui Sisera panglimanya. Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel.

Debora selalu duduk di bawah pohon korma antara Rama dan Bethel, dan orang Israel datang berhakim padanya. Debora memanggil Barak untuk memimpin pasukan Israel berperang menghadapi Sisera sesuai perintah Tuhan. Tuhan telah menyatakan kepada Debora bahwa Sisera telah diserahkan kepada Barak. Tetapi Barak berkata, aku takkan maju berperang jika engkau tidak turut maju. Dari jawaban Barak terlihat bahwa ia kurang percaya pada Tuhan dan lebih mengandalkan manusia.  Karena ragu-ragu, Barak tidak menerima kehormatan sebab Tuhan menyerahkan Sisera ke dalam tangan Yael, isteri Heber. Dibalik kemenangan Israel atas Yabin dan Sisera, ada Tuhan yang berperang bersama mereka. Debora yang peka, Barak yang bimbang, maupun Yael yang tidak pernah bermimpi akan terlibat, merupakan alat-alat Yang Mahakuasa. Kemenangan tidak selalu milik yang kuat, tetapi Tuhan memakai orang-orang yang tidak sempurna, sederhana, lemah kadang tak beriman menjadi alat ditanganNya untuk meraih kemenangan. Pentingnya kita mengandalkan Tuhan dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan jika kita ingin melihat kemenangan.

Kemenangan tidak ditentukan oleh yang kuat, tetapi kemenangan adalah milik Tuhan yang diberikan kepada mereka yang mengandalkanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 4:23 "Demikianlah Allah pada hari itu menundukkan Yabin, raja Kanaan, di depan orang Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT