Devotion 569 : DIDIKAN TUHAN

Devotion 569 - Dr. Heintje Kobstan
DIDIKAN TUHAN
Bacaan: Hakim-hakim 3

Tidak ada bangsa manapun yang ingin tetap tinggal dalam penderitaan dan peperangan. Namun Israel tetap berada dalam situasi demikian, akibat ketidaktaatan mereka yang membiarkan orang Kanaan tinggal ditengah mereka. Namun dibalik semua itu ada maksud Tuhan yaitu Tuhan ingin mendidik orang Israel dengan membiarkan orang Kanaan tinggal ditengah mereka.

Melalui orang Kanaan tersebut, Tuhan ingin agar generasi baru Israel yang tidak pernah mengalami perang Kanaan dilatih berperang dengan menghadapi pemberontakan orang Kanaan tersebut. Sudah pasti bahwa orang Kanaan yang dijadikan budak rodi oleh Israel akan berusaha untuk membebaskan diri mereka. Mereka juga diuji dalam hal kesetiaan dan ketaatan menghadapi godaan hawa nafsu dan kawin campur antara mereka dengan orang Kanaan. Ternyata generasi ini tidak kuat dalam iman sehingga terjadilah perkawinan diantara mereka yang berakibat degradasi mental dan spiritual Israel. Mereka mulai menyimpang dan menyeleweng beribadah kepada berhala Kanaan. Akibatnya Tuhan mengijinkan bangsa-bangsa lain menghukum Israel, namun dalam penghukuman tersebut Tuhan membangkitkan para hakim seperti Otniel, Ehud dan Samgar untuk membebaskan mereka. Tuhan ingin mendidik setiap orang percaya dalam berbagai pergumulan dan godaan untuk melatih kekuatan iman dan ketaatan serta kesetiaan pada Tuhan. Namun, Ia tidak membiarkan umatNya sendirian menghadapi pergumulan dan godaan, tetapi Ia mengirimkan penolong yaitu Firman dan kuasa Roh Kudus untuk memberikan kekuatan sehingga bisa keluar sebagai pemenang.

Sadarilah bahwa setiap didikan Tuhan bukan untuk menghancurkan kehidupan umatNya namun melatih agar umatNya kuat dalam iman.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 3:1 "Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT