Devotion 578 : PROSES MENENTUKAN HASIL

Devotion 578 - Dr. Heintje Kobstan
PROSES MENENTUKAN HASIL
Bacaan: Hakim-hakim 12

Suku Efraim protes kepada Yafet bahkan mengancamnya untuk membakar rumahnya dan dirinya. Mereka protes kenapa tidak dilibatkan dalam peperangan melawan bani Amon. Mereka merasa tidak dihargai oleh Yafet, karena Gilead bukanlah kaum yang besar tapi dianggap berasal dari Efraim. Gilead berada diantara suku Efraim dan Manasye. Tetapi Yafet berkata kepada mereka bahwa ketika Yafet dan Gilead berperang dengan bani Amon dengan hebat dan berusaha untuk meminta bantuan dari Efraim tetapi tidak ada satupun yang datang.

Mengapa suku Efraim protes? Ternyata bukan hanya karena merasa tidak dihargai tetapi Efraim mau tampil sebagai suku besar dan terhormat di antara suku-suku Israel. Tetapi untuk menjadi yang terhormat, Efraim tidak mau ikut berperang tetapi hanya mau menikmati hasilnya dan bermegah atasnya. Padahal ketika dalam peperangan, Yefta dan Gilead berjuang mempertaruhkan nyawa mereka dan Tuhan melihat usaha dan kesungguhan hati mereka sehingga memberikan kemenangan kepada Yefta dan Gilead. Ketika Yefta dan Gilead menyerang suku Efraim karena telah menghina mereka, ternyata suku Efraim bukanlah suku yang kuat dan perkasa karena terbukti dari mereka 42.000 orang mati terbunuh. Banyak orang yang hanya mau tampil dan berdiri diatas usaha dan pengorbanan orang lain. Juga banyak pemimpin yang mengorbankan pengikutnya agar bisa meraih kekuasaan dan tempat terhormat. Tetapi Tuhan lebih menghargai proses daripada hasil, karena proses kehidupan seseorang akan menentukan hasil dan kemenangan yang akan diraih olehnya.

Jangan bermegah atas keberhasilan orang lain, tetapi bersedialah diproses oleh Tuhan agar bisa menghasilkan keberhasilan serta bermegah atasnya.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 12:3 "Ketika kulihat, bahwa tidak ada yang datang menyelamatkan aku, maka aku mempertaruhkan nyawaku dan aku pergi melawan bani Amon itu, dan TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tanganku..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT