Devotion 549 : PERJANJIAN HIDUP KUDUS

Devotion 549 - Dr. Heintje Kobstan
PERJANJIAN HIDUP KUDUS
Bacaan: Yosua 7

Hidup kudus merupakan penghormatan umat Tuhan pada perjanjian dan kesetiaanNya.

Sebelum Israel masuk dalam peperangan untuk merebut tanah perjanjian, Tuhan menyuruh Yosua agar Israel menguduskan diri. Yosua juga disuruh untuk mengadakan sunat dan perayaan paskah. Setelah Israel selesai mempersiapkan diri, maka Tuhan pun menyuruh mereka untuk merebut kota Yerikho. Dengan strategi Tuhan, Israel mengalami kemenangan. Setelah itu, Israel diperhadapkan dengan kota Ai yang kecil, sehingga tentara yang diutus berperang hanya sekitar 3.000 orang saja. Tetapi ternyata Israel mengalami kekalahan dari pasukan Ai.

Akibat kekalahan itu, Yosua dan seluruh penatua berkabung di depan tabut perjanjian. Yosua mempertanyakan kepada Tuhan, mengapa mereka kalah padahal seharusnya janji Tuhan adalah kemenangan. Tetapi Tuhan menyatakan bahwa Israel telah melanggar perjanjian hidup kudus dengan menyimpan jarahan yang seharusnya dimusnahkan. Maka didapatlah Akhan yang telah melanggar kekudusan Tuhan. Ia dan seisi rumahnya beserta hartanya serta barang jarahannya di musnahkan di lembah Akhor. Tuhan berjanji untuk memberikan kemenangan bagi Israel asalkan Israel tetap memegang perjanjian hidup kudus dihadapanNya. Mengapa Tuhan begitu keras menghukum Israel? Karena jika ada toleransi maka secara tidak sadar akan muncul dosa kesombongan dan berakhir pada ketamakan yang akan menguasai Israel. Apabila dosa dibiarkan maka ia menyelinap di antara kemenangan iman; bagaikan ragi, dosa dengan cepat mencemari semuanya.

Janji Tuhan untuk memberikan kemenangan dalam kehidupan ini harus disertai respon kita untuk menaati perjanjian hidup kudus dihadapan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 7:15 "Dan siapa yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu, akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya, sebab ia telah melanggar perjanjian TUHAN dan berbuat noda di antara orang Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT