Devotion 577 ,: BANGKIT DARI MASA LALU YANG KELAM

Devotion 577 - Dr. Heintje Kobstan
BANGKIT DARI MASA LALU YANG KELAM
Bacaan: Hakim-hakim 11

Dikisahkan bahwa ada seorang pahlawan bernama Yefta, akan tetapi asal usulnya sangat kelam, karena ia lahir dari seorang wanita tuna susila dan yang tidak pernah menjadi istri sah ayahnya, Gilead. Sehingga sebagai anak haram, Yefta dimusuhi oleh saudara-saudaranya bahkan mereka mengusirnya, dan ia tidak mendapatkan warisan. Yefta pun lari ke Tob, dan berkumpulah para perampok bersama-sama dia.

Mungkin Yefta sakit hati bahkan kepahitan karena ditolak bahkan diusir dari kaum keluarganya. Meskipun ia anak haram, tetapi ayah kandungnya adalah Gilead. Walaupun Yefta sempat menjadi pemimpin para perampok, namun dalam hatinya masih ada jati diri sebagai seorang Israel. Dari bacaan kemarin, kita tahu bahwa Israel sedang berada di bawah penindasan Filistin dan Amon, sebagai akibat dosa mengkhianati Tuhan. Setelah mengalami hukuman Tuhan, mereka berbalik kepada Tuhan dan Tuhan bersedia memulihkan mereka. Namun masalahnya adalah mereka tidak mempunyai seorang pemimpin yang akan melawan bani Amon. Mungkin terdengar bagi Gilead akan sepak terjang dari Yefta maka terpaksa mereka datang dan memohon agar Yefta membantu mereka. Jika hati Yefta tidak diubahkan Tuhan, mungkin ia akan menolak bahkan membiarkan mereka ditindas Amon. Tetapi Yefta tidak membiarkan masa lalunya menguasai hidupnya. Ia mempunyai visi kedepan, bahwa melalui peperangan ini ia akan memimpin Israel. Dari masa lalu yang kelam, ia bangkit menjadi seorang pemimpin dan membebaskan Israel dari tekanan bani Amon. Serahkan hidupmu pada Tuhan, maka ia akan mengubah masa kelammu menjadi cerah dan berkemenangan.

Jangan biarkan masa lalu menghalangi langkahmu untuk maju dan meraih janji Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 11:11 "Maka Yefta ikut dengan para tua-tua Gilead, lalu bangsa itu mengangkat dia menjadi kepala dan panglima mereka. Tetapi Yefta membawa seluruh perkaranya itu ke hadapan TUHAN, di Mizpa."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT