Devotion 554 : KEMENANGAN YANG SEJATI

Devotion 554 - Dr. Heintje Kobstan
KEMENANGAN YANG SEJATI
Bacaan: Yosua 12

Yosua dan Israel mengalami kemenangan besar atas bangsa-bangsa di Kanaan. Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu sesuai dengan segala yang difirmankan TUHAN kepada Musa. Dan Yosua pun memberikan negeri itu kepada orang Israel menjadi milik pusaka mereka, menurut pembagian suku mereka. Lalu amanlah negeri itu, berhenti dari berperang. Namun masih ada orang Enak yang tertinggal yang berdiam di Gaza, Gat dan Asdod yang belum dimusnahkan.

Jika kita melihat perjalanan Israel mulai dari mimpi Yusuf sampai Israel ada di Mesir dan akhirnya melintasi padang gurun untuk pergi merebut tanah Kanaan seolah-olah ini adalah perjalanan yang mustahil. Namun semua itu bisa terjadi karena anugerah dan penyertaan Tuhan atas Israel walaupun Israel sering bersikap tidak taat dan memberontak pada Tuhan. Janji Allah dan penggenapanNya bukan hal yang kosong. Dalam waktu relatif singkat wilayah yang sangat luas itu berhasil diduduki dengan menaklukkan 31 raja dan penguasanya. Jika bukan Tuhan yang menyertai Israel maka pastilah Israel akan mengalami kesulitan untuk menaklukkan tanah Kanaan. Israel bukanlah bangsa yang besar dengan pasukan yang tangguh dan banyak, tetapi mereka bisa melakukan itu semua karena Tuhan dan ketaatan mereka pada perintah Tuhan. Dalam hal ini kita belajar bahwa jika Tuhan yang berjanji dan menyertai kehidupan kita maka tidak akan ada musuh yang terlalu kuat untuk menghalangi langkah kaki kita bersama Tuhan untuk melakukan kehendakNya. Bahkan kemenangan yang kita dapatkan bersama Tuhan bukanlah kemenangan semu namun kemenangan sejati yang bisa kita nikmati bahkan proklamirkan pada segala bangsa.

Jika Tuhan menyertai langkah hidup kita maka tidak akan ada satu kekuatan pun yang sanggup menghalangi kita untuk meraih janji Tuhan, yaitu kemenangan yang sejati.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 12:24 "raja negeri Tirza, satu; jadi jumlah semua raja itu, tiga puluh satu orang."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT