Devotion 563 : JANJI TUHAN PASTI TERGENAPI

Devotion 563 - Dr. Heintje Kobstan
JANJI TUHAN PASTI TERGENAPI
Bacaan: Yosua 21

Yang tersisa dari semua kisah pembagian tanah perjanjian kepada suku-suku Israel adalah suku Lewi. Suku Lewi tidak mendapat milik pusaka tetapi kepada mereka telah dijanjikan kota-kota yang tersebar di antara suku-suku Israel dan padang penggembalaan. Mengapa demikian? Karena Tuhan adalah milik pusaka suku Lewi. Kepada suku Lewi yang terdiri dari 3 kaum, Gerson, Kehat dan Merari akhirnya mendapatkan kota dan padang penggembalaan berdasarkan undi. Ini tentu dimaksudkan agar mereka bisa melayani suku-suku lain, yang memiliki tempat tinggal yang tersebar juga.

Tuhan yang telah memanggil suku Lewi secara khusus untuk melayaniNya, Dia juga yang mengatur segala kehidupan suku itu. Bahwa pemeliharaan Tuhan sungguh berlaku bagi suku Lewi dan merupakan gambaran bagi setiap mereka yang melayani Tuhan di masa sekarang. Apa yang Tuhan janjikan kepada Abraham, Ishak, Yakub, Musa dan Yosua akhirnya tergenapi. Israel mendapatkan tanah perjanjian, namun mereka tidak mendudukinya dengan hanya diam serta duduk menadahkan tangan lalu kemudian tanah tersebut diberikan. Tidak! Tetapi mereka melakukan bagiannya yaitu memperjuangkannya dan Tuhan menyertai usaha itu sehingga seluruh Kanaan menjadi milik mereka. Israel menyadari bahwa kepemilikan tanah itu hanya bisa terjadi jika mereka hidup taat menjalani proses kehidupan dan melakukan kehendakNya. Dan Tuhan bukan hanya berjanji memberikan tanah pusaka tetapi juga kemenangan, keamanan, dan pemeliharaanNya di tanah perjanjian itu. Maka Israel bisa melihat dan mensyukuri bahwa dari semua yang Tuhan janjikan tidak ada yang tidak dipenuhi, semuanya terpenuhi.

Janji Tuhan tidak lekang oleh waktu, semua janjiNya kepada umatNya tidak ada yang tidak digenapi, semuanya pasti tergenapi.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 21:45 "Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT