Devotion 568 : PENTINGNYA BERTUMBUH KUAT DALAM IMAN

Devotion 568 - Dr. Heintje Kobstan
PENTINGNYA BERTUMBUH KUAT DALAM IMAN
Bacaan: Hakim-hakim 2

Israel hidup beribadah kepada Tuhan selama Yosua dan generasi yang bersama-sama Yosua. Kemudian bangkitlah generasi yang baru, yang tidak mengetahui perjuangan generasi-generasi sebelumnya. Generasi baru ini meninggalkan Tuhan dan beribadah kepada Baal dan para Asytoret. Mereka melakukan apa yang jahat di mata Tuhan dengan menyimpang dari komitmen yang telah dibuat generasi sebelumnya. Degradasi rohani dan moralitas terjadi akibat pengaruh lingkungan orang-orang Kanaan yang tidak dihalau oleh generasi sebelumnya.

Kesalahan ini mungkin timbul karena kelalaian generasi sebelumnya dalam mendidik dan menanamkan nilai-nilai spiritualitas takut akan Tuhan kepada generasi yang baru. Serta tidak adanya batasan pergaulan antara anak-anak orang Israel dan penduduk Kanaan. Serta kecenderungan generasi baru melupakan sejarah dari perjuangan generasi sebelumnya. Dan bangkitlah murka Tuhan atas mereka, Ia membiarkan mereka ke tangan perampok dan pada musuh mereka sehingga hidup mereka mengalami kesengsaraan. Tetapi Tuhan tak meninggalkan perjanjianNya, Ia membangkitkan para hakim untuk menolong Israel. Dan setiap kali Tuhan membangkitkan hakim atas mereka, mereka beribadah kepada Tuhan. Tetapi jika para hakim itu meninggal dunia maka mereka kembali ke kehidupan lama mereka. Ini menggambarkan kehidupan rohani umat Tuhan yang sering naik turun. Karena itu, janganlah jadi umat Tuhan kanak-kanak yang masih harus dibimbing, jika tidak ada yang membimbing maka ia akan kembali pada kehidupan lama. Tetapi jadilah umat Tuhan yang dewasa dan kuat dalam iman yang tetap setia dan beribadah kepada Tuhan.

Jadilah umat Tuhan yang dewasa, yang kuat dalam iman dan setia beribadah kepada Tuhan serta tidak terpengaruh oleh godaan dunia ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Hakim-hakim 2:11 "Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT