Devotion 513 : MEMBACA DAN MERENUNGKAN HUKUM TUHAN

Devotion 513 - Dr. Heintje Kobstan
MEMBACA DAN MERENUNGKAN HUKUM TUHAN
Bacaan: Ulangan 5

Hati nurani adalah tempat Tuhan menaruh hukum-hukumNya dan berbicara kepada umatNya.

Musa mengingatkan Israel tentang dekalogi, atau 10 hukum Taurat yang diberikan Tuhan. Dalam hukum itu ada ikatan janji antara Tuhan dan manusia. Tuhan menuntut agar Israel melakukan seluruh hukum itu dengan setia tetapi Israel sering kali melanggar aturan perjanjian itu. Sebenarnya jika Israel menaati dan melakukan hukum-hukum tersebut dengan setia, maka mereka tidak berada di padang gurun selama 40 tahun dan mengalami kebinasaan. Kini sesudah generasi pembangkang itu punah dan muncullah generasi baru yang siap memasuki penggenapan janji Allah, maka Musa mengulang kembali hukum-hukum tersebut.

Hukum-hukum Tuhan adalah ungkapan sifat Allah sendiri dan bertujuan agar umatNya mengenalNya dan dengan menaatiNya. Tuhan memberikan berbagai peraturan yang berhubungan dengan Tuhan dan sesama, dimana aturan ini untuk menolong mereka menikmati pelbagai berkat yang Tuhan sediakan di tanah Perjanjian. Hukum-hukum ini tidak hanya ditulis atau disampaikan sesekali, tetapi Israel haruslah terus mengulangnya senantiasa sampai merasuk ke dalam jiwa. Kebudayaan manusia telah tercemar karena dosa tidaklah menjadi patokan bagi nilai-nilai kehidupan, tata susila dan moralitas manusia. Hukum-hukum yang awalnya ditulis di dua loh batu, tetapi kini tertulis dalam hati nurani yang menjadi sumber moralitas dan nilai-nilai kehidupan. Tuhan berbicara kepada umatNya lewat hukum-hukum yang ditulis olehNya sendiri dalam hati nurani umatNya. Oleh karena itu perlunya kebiasaan untuk membaca dan merenungkan hukum-hukum Tuhan senantiasa serta melakukannya dengan setia.

Membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari akan sangat menolong kehidupan kita untuk selalu berpadanan dengan kehendakNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 5:29 "Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!"
-----
https://youtu.be/w96mitj6igg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT