Devotion 511 : KETAKUTAN YANG TAK TERJADI

Devotion 511 - Dr. Heintje Kobstan
KETAKUTAN YANG TAK TERJADI
Bacaan: Ulangan 3

Jika Tuhan telah menolong kita di saat ini, maka Ia pun akan menolong kita di masa yang akan datang.

Musa kembali menuturkan cerita tentang perbuatan Tuhan yang gagah perkasa setelah menolong mereka mengalahkan Sihon, raja Hesybon. Kali ini mereka harus menghadapi Og, raja Basan. Tuhan kembali berkata jangan takut, karena Og telah diserahkan Tuhan ke tangan Israel. Mereka mengalahkan Og, semua kota berkubu dengan tembok yang tinggi dan dengan pintu-pintu gerbang dan palang-palangnya dan juga kota-kota yang tak berkubu, semuanya 60 kota.

Jadi dari tangan kedua raja orang Amori itu, telah dirampas negeri yang di seberang sungai Yordan, mulai dari sungai Arnon sampai gunung Hermon. Dengan mengalahkan kedua bangsa ini, telah menimbulkan ketakutan kepada bangsa-bangsa di tanah Kanaan. Dengan mengalahkan Sihon dan Og, membuktikan penyertaan Tuhan dan janji Tuhan pasti akan tergenapi. Jika generasi pertama Israel di padang gurun sangat ketakutan menghadapi penduduk Kanaan yang seperti raksasa, maka generasi kedua telah memusnahkan dan merebut kota-kota mereka. Ternyata ketakutan generasi pertama tak terjadi karena Tuhan yang menyertai Israel. Ini merupakan langkah awal untuk merebut Kanaan, jika Tuhan telah memberikan kemenangan di seberang sungai Yordan maka Ia pun akan melakukannya di tanah Kanaan. Disinilah juga Tuhan menegaskan bahwa Musa tak akan memasuki tanah Kanaan, dan Yosualah yang harus melanjutkan kepemimpinannya.

Seringkali apa yang kita takutkan tidak akan menjadi kenyataan. Jika Tuhan telah berjanji akan menyertai kita melewati semua tantangan hidup, maka percayalah.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 3:21 "Dan kepada Yosua kuperintahkan pada waktu itu, demikian: Matamu sendirilah yang melihat segala yang dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap kedua raja itu. Demikianlah akan dilakukan TUHAN terhadap segala kerajaan, ke mana engkau pergi."
-----
https://youtu.be/9eO7HjWLuaw

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT