Devotion 489 : JIKA TUHAN YANG TELAH MENETAPKAN!

Devotion 489 - Dr. Heintje Kobstan
JIKA TUHAN YANG TELAH MENETAPKAN!
Bacaan: Bilangan 17

Jangan hanya mengejar jabatan tetapi berfungsi sesuai panggilan Tuhan dalam pembangunan tubuh Kristus.

Pemberontakan Datan dan Abiram merupakan pemberontakan politik karena kecewa terhadap kepemimpinan Musa. Tetapi pemberontakan Korah, salah seorang dari bani Kehat keturunan suku Lewi adalah kerena menginginkan kedudukan Harun sebagai Imam Besar. Padahal yang memilih Musa dan Harun adalah Allah sendiri. Ketidakpuasan akan jabatan dan kepemimpinan Musa dan Harun merupakan tindakan meragukan kedaulatan Tuhan yang telah memilih mereka. Sehingga Tuhan harus mengadakan pertunjukkan untuk menyatakan siapa yang Dia pilih.

Bagaimana Tuhan membungkam Korah dan sekutunya yang meragukan kepemimpinan Harun? Musa disuruh Tuhan untuk mengumpulkan tongkat para pemimpin suku dan memberi nama ditiap-tiap tongkat, Harun mewakili suku Lewi. Tongkat (matteh) yang merupakan benda mati dikumpulkan di dalam kemah pertemuan depan tabut. Keesokan harinya, ternyata tongkat Harun yang bertunas, berbunga dan berbuah badam. Hanya Tuhan yang sanggup menghidupkan tongkat yang mati dan Tuhan telah menyatakan pilihanNya kepada Harun. Orang Israel harus menerima pilihan itu dan jangan bersunggut-sunggut lagi. Tongkat itu kemudian disimpan di dalam tabut sebagai peringatan buat Israel dan akan kemurkaan Allah pada pemberontak. Pemimpin yang dipilih Tuhan patut dihormati karena jika kita meragukannya maka kita meragukan kedaulatan Tuhan. Tuhan akan memberikan otoritas dan pengurapan kepada pemimpin yang terpilih.

Gereja Tuhan bisa kacau karena umat Tuhan sibuk memperebutkan jabatan! Padahal Tuhan telah menetapkan setiap umatNya sesuai panggilanNya dalam pembangunan tubuh Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 17:5 "Dan orang yang Kupilih, tongkat orang itulah akan bertunas; demikianlah Aku hendak meredakan sungut-sungut yang diucapkan mereka kepada kamu, sehingga tidak usah Kudengar lagi."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT