Devotion 490 : TUHAN YANG MEMELIHARA

Devotion 490 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MEMELIHARA
Bacaan: Bilangan 18

Persembahan perpuluhan diberikan oleh umat Tuhan agar kehidupan para pelayan Tuhan di baitNya tetap terpelihara.

Adalah hal yang sangat penting ketika suatu perkara atau peraturan disampaikan berulang kali. Demikian tentang tugas dan tanggung jawab suku Lewi dan Harun serta keturunannya disampaikan berulang kali oleh Tuhan. Mereka diingatkan selalu agar jangan sampaikan melakukan kesalahan. Seluruh suku Lewi bertanggung jawab terhadap ketepatan pelayanan tempat kudus. Harun dan anak-anaknya bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pelayanan keimaman mereka. Suku Lewi yang bukan keturunan Harun tak boleh memegang jabatan dan melaksanakan tugas keimaman.

Harun dan sukunya dikhususkan untuk melayani Tuhan. Mereka tidak memiliki tanah dan pekerjaan, juga tidak memiliki penghasilan. Tetapi yang menjadi jaminan pemenuhan akan seluruh kebutuhan mereka adalah Tuhan sendiri. Tidak satupun anggota keluarga Lewi akan mewarisi sebidang tanah di negeri yang dijanjikan; untuk mereka Allah menyediakan bagian yang kekal, haq olam. Mereka mendapat bagian dari korban persembahan tetapi hal yang tidak mungkin seluruh suku Lewi terpelihara dari korban persembahan, maka mereka juga diperbolehkan Tuhan untuk menerima perpuluhan dari suku-suku lainnya. Tetapi suku Lewi juga harus memberikan perpuluhan dari perpuluhan yang mereka terima kepada imam. Mereka juga memperoleh tanah wakaf supaya bisa dikelola untuk memenuhi kebutuhan mereka. Inilah cara Tuhan memelihara kehidupan suku Lewi dengan tidak kekurangan apapun.

Jika Tuhan memanggil seseorang untuk masuk dalam rencanaNya dan melayaniNya sepenuhnya maka Ia juga akan memelihara kehidupannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 18:21 "Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah pertemuan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT