Devotion 498 : TUHAN PEMELIHARA UMATNYA

Devotion 498 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN PEMELIHARA UMATNYA
Bacaan: Bilangan 26

Tuhan tidak pernah lalai dalam menepati janjiNya bahkan janjiNya tak lekang oleh waktu.

Untuk kali kedua Tuhan menyuruh Musa mengadakan sensus. Sensus pertama diadakan 38 tahun sebelumnya sewaktu masih berkemah di tepi gunung Sinai. Sensus ini untuk menghitung jumlah pria yang berusia 20 tahun ke atas yang sanggup berperang. Sebelum sensus kedua, 24 ribu orang telah mati karena memberontak kepada Tuhan. Mereka ini adalah generasi pertama, generasi Mesir yang tidak memasuki tanah perjanjian kecuali Kaleb dan Yosua. Sensus kedua ini juga bertujuan untuk melihat berapa banyak jumlah setiap suku agar Musa dapat membagi luas wilayah di Tanah Perjanjian yang akan mereka tempati sebagai tanah warisan.

Jika dibandingkan hasil sensus pertama dan kedua maka jumlahnya tidak banyak berubah. Padahal selama 38 tahun, bangsa Israel hidup dalam kondisi yang tidak menentu akibat berbagai pemberontakan kepada Tuhan. Kekuatan perang mereka tidak berubah jika dibandingkan jumlah setiap suku pada sensus pertama dan sensus yang kedua. Maka nyatalah bahwa Tuhanlah pemelihara Israel selama di padang gurun dan Ia akan menggenapi janjiNya untuk membawa mereka masuk ke tanah perjanjian bukan dengan kekuatan Israel. Sensus ini membantu Musa untuk dapat membagi tanah perjanjian kepada setiap suku dengan adil sesuai janji Tuhan. Tetapi Suku Lewi tidak mendapatkan pembagian tanah warisan karena mereka dipilih Tuhan untuk melayaniNya dan Tuhanlah yang menjadi warisan mereka untuk selamanya.

Jika melihat perjalanan hidup kita maka ada banyak masalah dan tantangan yang terjadi, tetapi pemeliharaan dan penyertaan Tuhan atas hidup kita membuat kita bisa bertahan sampai menuju pada kekekalan bersama Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 26:2 "Hitunglah jumlah segenap umat Israel, yang berumur dua puluh tahun ke atas menurut suku mereka, semua orang yang sanggup berperang di antara orang Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT