Devotion 510 : TIDK ADA YANG SUKAR BAGI TUHAN

Devotion 510 - Dr. Heintje Kobstan
TIDAK ADA YANG SUKAR BAGI TUHAN
Bacaan: Ulangan 2

Setelah 38 tahun berjalan mengelilingi daerah pegunungan Seir maka Tuhan menyuruh Israel untuk berbelok ke arah Utara. Mereka diperhadapkan dengan 5 bangsa, tiga yang pertama, yaitu: Edom, Moab, dan Amon. Israel harus dengan damai dan tidak menyerang ketika melewati daerah-daerah tersebut, bahkan makanan dan minuman pun harus dibeli mereka. Tuhan tidak akan memberikan setapak kaki dari negeri tersebut, karena Tuhan telah memberikan kepada Esau pegunungan Seir menjadi miliknya. Begitu juga dengan Moab dan Amon, yaitu daerah Ar dan Refaim telah diberikan juga kepada bani Lot.

Daerah-daerah pegunungan Seir, Ar dan Refaim dulunya didiami oleh orang Hori, orang Emim dan orang Refaim yang seperti orang Enak tetapi Tuhan memunahkan mereka. Hal ini sebenarnya harus menjadi kesaksian bahwa jika bani Esau dan Lot diberikan tanah menjadi milik mereka maka seperti janjiNya kepada umatNya pasti akan digenapiNya. Hal ini membutuhkan kepercayaan dan ketaatan dari bangsa Israel bahwa Tuhan mampu dan sanggup. Setelah mereka melewati daerah Edom, Amon dan Moab maka mereka harus menyeberang ke daerah Amori, ke Sihon, raja Hesybon untuk menaklukkan mereka karena Amori bukanlah saudara Israel.  Peperangan ini sebagai akibat penolakan mereka membiarkan Israel melewati daerah itu dan juga karena Tuhan telah menyerahkan Amori untuk ditaklukkan Israel. Jika Tuhan telah bertindak maka tidak ada satupun perkara yang sukar, tidak ada satupun kota benteng Amori yang sukar ditaklukkan Israel.

Jika Tuhan sudah berjanji maka Ia pasti akan menggenapiNya karena itu percaya dan serahkan semua padaNya sebab tiada perkara yang sukar bagiNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 2:36 "Mulai dari Aroër, di tepi sungai Arnon, dan kota di lembah itu, sampai Gilead tidak ada kota yang bentengnya terlalu kuat bagi kita; sebab TUHAN, Allah kita, menyerahkan semuanya kepada kita."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT