Devotion 512 : MENJADI BANGSA YANG BESAR

Devotion 512 - Dr. Heintje Kobstan
MENJADI BANGSA YANG BESAR
Bacaan: Ulangan 4

Tuhan memberikan hukum-hukum untuk mengatur tata kehidupan supaya tertib dan tidak kacau.

Musa sebagai pemimpin Israel bertanggung jawab baik secara moral maupun spiritual agar supaya Israel tetap hidup di dalam jalan Tuhan. Musa mengingatkan kembali agar mereka menaati perintah Tuhan, agar supaya dapat menikmati tanah Perjanjian dan mengalahkan penduduk di sana, apalagi mendiaminya. Mereka juga diingatkan supaya tidak menduakan Tuhan, supaya tidak dipunahkan Tuhan seperti kepada para pengikut Baal-Peor.

Hukum-hukum yang diberikan Tuhan kepada Israel merupakan hal yang membedakan Israel dengan bangsa-bangsa lain. Hukum-hukum ini merupakan standar hidup pribadi, hidup bermasyarakat dan dalam hubungan dengan Tuhan supaya tertib dan tidak kacau. Hukum-hukum ilahi itulah yang diucapkan Allah langsung kepada Musa untuk disampaikan kepada Israel, umat pilihan Allah. Musa yang kemudian mengajarkan hukum-hukum itu, kembali mengingatkan agar mereka tetap berlaku setia dalam menjalankannya. Sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaan dan akal budi Israel dimata bangsa-bangsa sehingga mereka mengakui Israel sebagai bangsa yang besar. Israel menjadi bangsa yang besar karena mereka mempunyai Tuhan yang senantiasa menyertai mereka, dan mempunyai peraturan dan ketetapan yang adil berdasarkan hukum-hukum yang Tuhan berikan. Kebesaran atau kemuliaan suatu bangsa tidak ditentukan oleh banyaknya jumlah penduduknya, sumber daya alamnya, tentaranya, politiknya akan tetapi bagaimana mereka memprioritaskan Tuhan dan hidup di dalam hukum-hukumNya.

Memprioritaskan Tuhan dan melakukan hukum-hukumNya dengan setia akan membawa hidup kita pada kemuliaan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 4:8 "Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan demikian adil seperti seluruh hukum ini, yang kubentangkan kepadamu pada hari ini?"
-----
https://youtu.be/kdBaxng-v6Q

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT