Devotion 500 : IBADAH YANG BERKENAN

Devotion 500 - Dr. Heintje Kobstan
IBADAH YANG BERKENAN
Bacaan: Bilangan 28

Ibadah yang berkenan adalah ibadah yang mempersembahkan korban.

Ada berbagai ritual yang harus dilakukan oleh orang Israel berkaitan dengan Kemah Suci. Ritual-ritual ini merupakan suatu bentuk ibadah untuk kebutuhan umat, ada yang insidental dan yang rutin dilakukan setiap hari, setiap Sabat, dan setiap bulan baru, bahkan yang sifatnya berupa perayaan tahunan dan semua itu selalu berkaitan dengan korban persembahan. Karena itu Allah kembali mengingatkan kepada Musa dan orang Israel tentang persembahan.

Mengapa Allah mengingatkan lagi tentang persembahan? Apakah Allah membutuhkan persembahan? Tidak, ini untuk kebaikan umatNya. Sebab ibadah selalu berkaitan dengan korban. Dalam ritualitas ibadah bangsa Israel, jika berbicara tentang korban selalu berkaitan dengan pengorbanan hewan. Ini adalah gambaran untuk ibadah masa kini, di mana ibadah yang berkenan kepada Tuhan adalah ibadah yang disertai persembahan korban. Tetapi apakah harus mempersembahkan korban binatang seperti jaman Israel di Kemah Suci? Korban disini berbicara tentang 2 hal: mempersembahkan hidup kita sebagai korban yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah dan korban Kristus di kayu salib. Dengan mempersembahkan hidup kepada Tuhan berarti kita menghargai dan mensyukuri korban Kristus di kayu salib, karena pengorbanan Yesus maka kita yang percaya menjadi milikNya. Persembahan korban juga bisa dalam bentuk materi untuk rumah Tuhan.

Ibadah yang berkenan kepada Tuhan adalah ibadah yang mempersembahkan hidup sepenuhnya yang didasari oleh pengorbanan Kristus di kayu salib.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 28:27 "Pada waktu itu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN:.."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT