Devotion 507 : GEREJA HADIR DAN BERDAMPAK

Devotion 507 - Dr. Heintje Kobstan
GEREJA HADIR DAN BERDAMPAK
Bacaan: Bilangan 35

Gereja harus hadir untuk memberi dampak bagi dunia.

Dari suku-suku Israel yang telah dijanjikan Tuhan untuk diberikan milik pusaka di tanah perjanjian, hanya suku Lewi yang tidak mendapatkannya. Tuhan mengkhususkan suku Lewi untuk bertugas melayaniNya dan Tuhan sendirilah yang menjadi pusaka Lewi di tengah bangsa Israel. Mereka hanya diberikan 48 kota dengan tanah penggembalaannya yang tersebar di antara suku-suku Israel. Dengan kota-kota yang tersebar ini maka orang Lewi hadir di tengah-tengah saudara sebangsa mereka sebagai perwakilan Allah.

Di antara kota-kota yang diserahkan kepada orang Lewi, ada 6 kota yang berfungsi sebagai kota perlindungan bagi orang-orang yang telah melakukan kesalahan fatal yaitu membunuh secara tidak sengaja. Hal ini dimaksudkan agar orang Israel tidak main hakim sendiri tanpa adanya saksi yang menguatkan serta tanpa mengetahui motif si pelaku. Hukum ini merupakan pencegah yang efektif di dalam masyarakat yang belum ada pemerintahannya selama bertahun-tahun hingga munculnya Kerajaan Israel. Sebagai wakil Allah di tengah suku-suku Israel maka suku Lewi mempunyai fungsi penting yaitu, mengajarkan taurat, memberi perlindungan kepada orang-orang yang tanpa sengaja membunuh, menjadi pengantara Allah dengan Israel serta menjadi pelayan dan berkat di tengah umat Israel. Karena itu, Gereja tidak hanya berbicara gedung, tetapi juga para pribadi pengikut Kristus yang kemudian menjalankan fungsi seperti suku Lewi di tengah dunia ini.

Gereja harus hadir ditengah dunia dan memberikan dampak bukan hanya sebagai pelayan spiritual tetapi juga sebagai pelayan sosial serta pelayan masyarakat sehingga banyak orang akan merasakan kehadiran Kristus ditengah-tengah mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 35:7 "Segala kota yang harus kamu berikan kepada orang Lewi itu berjumlah empat puluh delapan kota, semuanya dengan tanah-tanah penggembalaannya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT