Devotion 488 : MENGINGAT DAN MELAKUKAN

Devotion 488 - Dr. Heintje Kobstan
MENGINGAT DAN MELAKUKAN
Bacaan: Bilangan 15

Untuk sesuatu yang baik, harus dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Allah terkadang bertindak sesuai kehendakNya di luar kemampuan kita untuk dapat memahamiNya tetapi Ia juga sering "memaksakan" kehendakNya untuk kita lakukan sehingga akhirnya menjadi suatu kebiasaan. Ada hal-hal yang harus dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi suatu kebiasaan yang baik yang didahului dengan paksaan dan ancaman misalnya hal beribadah atau mempersembahkan korban. Ketetapan atau peraturan atau hukum yang harus diulang-ulang disampaikan oleh Tuhan kepada umatNya dimaksudkan agar supaya bisa dihayati dan diamalkan mereka.

Kisah perjalanan bangsa Israel ke tanah Kanaan, diisi dengan tindakan Allah mengingatkan umat tentang berbagai bentuk persembahan. Hal penting yang mendasari prinsip persembahan adalah kekudusan Allah. Persembahan adalah suatu ungkapan rasa syukur, ungkapan sukacita atas semua yang Tuhan telah perbuat bagi umatNya. Apakah Tuhan membutuhkan itu semua? Tidak! Tetapi manusia memerlukan adanya bentuk upacara persembahan untuk mengingat rincian peraturan Tuhan. Persembahan itu adalah untuk "menyenangkan Tuhan" karena sebanyak apa pun persembahan kita, tidak otomatis berkenan kepada Tuhan. Persembahan itu harus sesuai kehendak Allah dan harus yang terbaik. Korban persembahan juga diberikan karena perbuatan salah dari umatNya, baik tidak disengaja maupun sengaja. Karena itu, umat Tuhan harus selalu diingatkan apalagi ketika mereka memasuki Kanaan. Cara mengingatkan mereka adalah dengan mengikat jumbai-jumbai di jubah mereka sebagai pengingat untuk senantiasa menaati semua perintah Tuhan.

Umat Tuhan harus selalu diingatkan dan mengingat akan kebenaran Tuhan supaya dapat menikmati kehidupan yang sesuai kehendakNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 15:40 "Maksudnya supaya kamu mengingat dan melakukan segala perintah-Ku dan menjadi kudus bagi Allahmu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT