Devotion 509 : KISAH LAMA YANG DIUNGKAP KEMBALI

Devotion 509 - Dr. Heintje Kobstan
KISAH LAMA YANG DIUNGKAP KEMBALI
Bacaan: Ulangan 1

Kitab Ulangan merupakan kitab yang berisi pengulangan hukum-hukum Allah dan sejarah umat Israel yang disampaikan Musa di seberang sungai Yordan. Bangsa Israel banyak melakukan kesalahan dan menerima banyak hukuman dari Tuhan selama 40 tahun penggembaraan mereka. Sehingga ketika mereka sampai di seberang sungai Yordan, Musa mengingatkan kembali peristiwa-peristiwa selama di padang gurun, supaya mereka tidak kembali mengulangi kesalahan yang sama dan memberontak kepada Tuhan.

Di awal kitab Ulangan, Musa mengingatkan bangsa Israel untuk menaklukkan pegunungan Amori dan sekitar Araba-Yordan, yaitu ke negeri orang Kanaan. Karena daerah itu telah dijanjikan Tuhan untuk diberikan kepada Israel, walau bangsa yang mendiami tanah itu besar dan perkasa. Musa juga mengisahkan tentang pengangkatan para hakim, yaitu para kepala suku yang bijaksana dan berpengalaman. Musa tidak mampu memimpin Israel sendirian maka ia mengangkat para pemimpin yang berkualitas untuk membantunya mengurus umat Allah. Ada pemimpin kepala pasukan 1000, 100, 50 dan 10 sebagai pengatur pasukan Israel. Musa juga mengingatkan mereka akan 12 pengintai, yang takut dan gentar akan penduduk Kanaan dan tidak mempercayai janji Tuhan. Padahal Tuhan berjanji akan berjalan di depan Israel dan berperang bagi mereka. Sehingga generasi pertama tidak dapat masuk kecuali Kaleb dan Yosua. Dan juga ketidaktaatan mereka pada firman Tuhan yang mengakibatkan kekalahan dari orang Amori. Ini merupakan pembelajaran bahwa kisah lama yang diungkap kembali merupakan peringatan bagi kita,  untuk selalu menaati perintah Tuhan.

Terkadang ada kisah lama yang diungkap kembali dengan tujuan untuk mengingatkan orang percaya agar tidak jatuh pada lubang yang sama karena ketidaktaatan pada Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 1:5 "Di seberang sungai Yordan, di tanah Moab, mulailah Musa menguraikan hukum Taurat ini,..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT