Devotion 504 : KOMITMEN UNTUK BEKERJASAMA

Devotion 504 - Dr. Heintje Kobstan
KOMITMEN UNTUK BEKERJASAMA
Bacaan: Bilangan 32

Komitmen untuk saling bekerjasama di antara umat Tuhan akan membuat tubuh Kristus terbangun dengan utuh.

Rencana Tuhan adalah membawa bangsa Israel untuk masuk dan memberikan tanah Kanaan itu kepada tiap suku sebagai milik pusaka mereka. Akan tetapi dalam perjalanan menyeberangi sungai Yordan guna merebut tanah perjanjian, bani Ruben dan Gad melihat tanah Yaezer dan tanah Gilead adalah tempat yang cocok buat peternakan. Mereka pun berbicara kepada Musa perihal keinginan mereka. Musa marah dan menyamakan mereka dengan generasi sebelumnya yang tak mau berperang merebut Kanaan.

Sikap dua suku ini bisa dimaknai sebagai ketidaktaatan yang hanya akan menuai murka Allah. Tindakan mereka bisa membuat semangat suku-suku lainnya pudar. Pada awalnya, Musa tidak menyetujui usul bani Ruben dan Gad, karena itu dianggap sebagai tindakan pemberontakan terhadap Allah. Namun karena mereka tetap berkomitmen atas misi yang Allah berikan, maka Musa menyetujuinya dengan peringatan terakhir bahwa mengurangi sedikit saja janji mereka akan berarti dosa. Kemudian Musa menambahkan, 'Dosamu itu akan menimpa kamu". Ukuran sebagai sesama orang percaya bukan pada apakah mereka mempunyai pemikiran yang sama persis dengan kita, namun berdasarkan komitmen dan ketaatannya kepada Allah. Sehingga tubuh Kristus dapat terbangun dari orang-orang percaya yang beraneka ragam yang bersama-sama berkomitmen dan menaati Allah sepenuhnya. Seperti bani Ruben dan Gad yang tidak akan kembali ke rumahnya jika semua suku belum memiliki tanah pusakanya.

Menyamakan pemikiran tentang Allah ataupun doktrin Kristen adalah tidak mungkin karena itu untuk membangun tubuh Kristus maka diperlukan komitmen umat Allah untuk bekerjasama membangun sesuai panggilannya dengan ketaatan pada Allah sepenuhnya.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 32:18 "kami tidak akan pulang ke rumah kami, sampai setiap orang Israel memperoleh milik pusakanya"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT