Devotion 516 : PROSES DAN UJIAN PADANG GURUN

Devotion 516 - Dr. Heintje Kobstan
PROSES DAN UJIAN PADANG GURUN
Bacaan: Ulangan 8

Jangan pernah melupakan Tuhan dan tetap berpegang pada perintahNya di setiap musim kehidupan.

Kondisi hati manusia akan terlihat baik atau buruk ketika berada di dalam masa tekanan atau kesusahan. Musa mengungkapkan bahwa Israel dibawa Tuhan ke padang gurun selama 40 tahun untuk melihat kondisi hati Israel, apakah masih tetap berpegang pada perintahNya atau tidak. Padang gurun bukanlah tempat yang nyaman tetapi merupakan tempat pengujian dan pemrosesan bagi Israel sebelum masuk ke tanah perjanjian.

Selama 40 tahun TUHAN membiarkan bangsa Israel di padang gurun merasakan segala cobaan, ketakutan, dan kekuatiran, rasa lapar, haus, dan ketiadaan hal yang dapat diandalkan menjadi kesempatan perendahan hati yang sangat baik di hadapan Tuhan. Tuhan sedang mengajar Israel seperti seorang anak kecil, menuntun, mengarahkan, bahkan menghukum jika Israel tidak menaati atau memberontak pada perintahNya. Selama di padang gurun, Tuhan memelihara kehidupan mereka. Tuhan menyediakan makanan, pakaian yang tidak memburuk, dan segala keperluan mereka selama 40 tahun. Padang gurun merupakan tempat Tuhan memproses kerendahan hati Israel dan ujian terhadap ketaatan mereka akan perintah Tuhan. Di sini juga Israel belajar bahwa sumber kehidupan adalah dari segala firman yang diucapkan TUHAN. Israel seharusnya bersyukur kepada Tuhan karena tujuan dari semua itu adalah untuk kebaikan umatNya.

Bersyukurlah jika saat ini sedang berada di masa proses dan ujian padang gurun karena disinilah kita akan melihat bahwa penyertaan Tuhan sungguh luar biasa atas hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 8:2 "Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT