Devotion 491 : DISUCIKAN OLEH DARAH YESUS

Devotion 491 - Dr. Heintje Kobstan
DISUCIKAN OLEH DARAH YESUS
Bacaan: Bilangan 19

Hanya darah Yesus Kristus yang dapat menyucikan dosa manusia secara sempurna.

Umat Tuhan disuruh untuk memelihara kehidupan yang kudus supaya dapat berkenan senantiasa kepada Tuhan. Akan tetapi dalam perjalanan hidup, umat Tuhan bisa saja bersentuhan dengan hal-hal yang tidak kudus selama masih ada di dalam dunia. Tuhan memberikan solusi kepada Israel tentang air pentahiran yang dipakai untuk membersihkan diri dari kenajisan. Air pentahiran dibuat dari abu seekor lembu betina yang merah warnanya dan yang disembelih serta dibakar di luar perkemahan, lalu air itu dipakai untuk menghilangkan kenajisan yang disebabkan oleh mayat yang disentuh.

Banyak penafsiran alegoris mengenai lembu betina merah ini di mana setiap rinciannya, termasuk warna hewan itu, diberi makna rohani. Lihatlah upacara ini sebagaimana orang melihat lukisan seorang pelukis, bagian-bagiannya tidak bermakna jika dipandang secara tersendiri. Hukum pentahiran dipaparkan untuk umat Israel yang sedang dalam perjalanan di padang gurun dan akan kelak berperang masuk ke tanah perjanjian. Dalam suasana berperang, tidak terhindari bersentuhan dengan mayat orang yang terbunuh. Hukum Taurat menyatakan jika ada yang tersentuh mayat, dia menjadi najis dan harus tinggal di luar perkemahan selama 7 hari. Jadi bagaimana jika semua pria yang berperang najis karena mayat? Karena itu diperlukan air pentahiran. Ini merupakan gambaran bahwa hidup kita yang najis perlu ditahirkan. Sebagaimana abu dari lembu betina merah tadi mentahirkan seorang Israel, begitu juga darah Yesus Kristus yang menyucikan seorang berdosa secara sempurna.

Hukum dan peraturan ibadah tidak dapat menyucikan hidup seseorang tetapi hanya darah Yesus Kristus yang dapat menyucikan dosa umat manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 19:9 "...supaya semuanya itu tinggal tersimpan bagi umat Israel untuk membuat air pentahiran; itulah penghapus dosa."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT