Devotion 429 : DARAH PERJANJIAN

Devotion 429 - Dr. Heintje Kobstan
DARAH PERJANJIAN
Bacaan: Keluaran 24

Berkomitmen untuk menaati dan melakukan segala firman Tuhan.

Panduan hidup yang diberikan Tuhan itu adalah hukum-hukum yang tertuang dalam kitab Perjanjian. Musa memberitahukan segala firman Tuhan dan orang Israel berjanji akan melakukan segala firman tersebut. Musa dan semua penatua Israel disuruh Tuhan untuk naik ke gunung Sinai, tetapi hanya Musa yang harus mendekat sedangkan yang lain sujud menyembah dari jauh. Musa kemudian menyuruh mendirikan mezbah dengan 12 tugu yang mewakili suku Israel. Mereka mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan.

Musa membacakan kitab perjanjian dan seluruh umat menyatakan mereka akan melakukan segala firman Tuhan dan mendengarkanNya. Perjanjian dibuat dengan mempersembahkan korban bakaran dan korban pendamaian kepada Allah. Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini." Persembahan itu bermakna pengakuan dosa dan pernyataan kebutuhan akan pengampunan dosa-dosa umat. Lalu dipercikkanlah darah perjanjian pada mezbah dan pada umat. Itu berarti, perjanjian telah dimeteraikan. Dengan demikian, umat telah mengikatkan diri mereka pada firman Tuhan, yang kemudian harus diwujudkan dalam tindakan nyata di kehidupan mereka sehari-hari. Korban darah itu melambangkan korban Kristus di Salib yang memperdamaikan Allah dengan setiap orang percaya. Itulah janji penyertaan dan pemeliharaanNya kepada umatNya.

Darah Yesus merupakan meterai dari perjanjian Allah dengan umatNya. Marilah kita berkomitmen untuk menaati dan melakukan segala firmanNya. Jika gagal, bangkit kembali dan teruslah berusaha karena Roh Kudus akan menolong kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Keluaran 24:8 "Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT