Devotion 450 : KEJAHATAN MENJADI KEBENARAN

Devotion 450 - Dr. Heintje Kobstan
KEJAHATAN MENJADI KEBENARAN
Bacaan: Imamat 5

Korban Kristus telah menebus semua pelanggaran dan dosa kita.

Pembacaan kita hari ini adalah mengenai korban penebus salah. Perbuatan salah disini merupakan perbuatan yang tidak disadari yang melanggar perintah Tuhan tetapi tidak langsung berkaitan dengan penyimpangan moral. Hal ini berupa tidak mau bersaksi atas sikap berdosa orang lain - mendengar orang lain mengucapkan kutuk tetapi tidak mau bersaksi tentang apa yang didengarnya di hadapan pengadilan (ay. 1), terkena bangkai binatang sehingga najis (ay. 2), bersentuhan dengan kenajisan dari orang lain (ay. 3), dan teledor dalam bersumpah (ay. 4). Sekilas hal-hal ini terlihat biasa saja dalam kehidupan sehari-hari tetapi ternyata membawa dampak yang tidak berkenan kepada Tuhan.

Ketika kita mengetahui seseorang melakukan kesalahan tetapi kita diam saja dan tidak peduli maka kita sedang mengijinkan kejahatan bertumbuh subur di sekitar kita. Inilah keadaan dunia sekarang yang sedang berkompromi dengan kejahatan, sehingga yang terjadi kejahatan adalah kebenaran, kebenaran adalah kejahatan. Hal ini sama dengan membiarkan ketidaksucian atau kenajisan menggerogoti kehidupan umat. Jika seseorang sadar ia telah membiarkan kenajisan di tengah-tengah umat maka ia perlu penyucian dan pengampunan. Begitu juga dengan perkataan kita, tanpa sadar kita bicara secara ceroboh atau bersumpah demi Tuhan walau hal itu bukanlah sesuatu yang harus disumpahi. Keteledoran ini akan mendatangkan hukuman buat kita sehingga kita perlu korban penebus salah. Jika kita kemudian menyadari hal-hal tersebut maka haruslah kita mengaku dosa dan korban Kristus akan menghapus kesalahan kita.

Betapa kita harus menjaga kehidupan ini sesuai dengan perintahNya karena kita telah ditebus oleh korban Kristus dan tak ada korban lain yang dapat menggantikannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Imamat 5:19 "Itulah korban penebus salah; orang itu sungguh bersalah terhadap TUHAN."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT