Devotion 296 : PENJAGA IMAN JEMAAT

Devotion 296 - Dr. Heintje Kobstan
PENJAGA IMAN JEMAAT
Bacaan: Titus 1

"Diperlukan orang-orang yang teguh dalam iman dan pengetahuan akan kebenaran untuk menjaga kehidupan iman jemaat."

Paulus adalah orang yang teguh dalam iman dengan pengetahuan akan kebenaran yang luar biasa. Ia telah menjadi pemelihara iman jemaat agar mereka tidak terpengaruh dengan mereka yang hidupnya tidak tertib, terutama dari mereka yang memegang hukum sunat, dengan omongan yang sia-sia yang menyesatkan pikiran. Demi menjadi pemelihara iman, Paulus juga telah melatih dan mendidik anak-anak rohaninya agar mereka juga bisa mengambil peran yang sama seperti Paulus, contohnya Titus. Titus ditugaskan Paulus untuk mengatur jemaat di Kreta dengan tantangan ajaran yang tidak sehat dan tantangan-tantangan yang lain.

Sama seperti Paulus telah membangkitkan Titus sebagai seorang pemimpin maka tugas Titus harus membangkitkan juga para penatua-penatua jemaat di Kreta dengan kriteria yang ketat demi mempertahankan ajaran yang sehat supaya seluruh jemaat menjadi sehat dalam iman. Kemungkinan sudah banyak yang terpengaruh dengan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran. Yang disampaikan oleh mereka yang mengaku mengenal Allah namun mereka menyangkalNya dengan perbuatan mereka. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup untuk berbuat baik. Dengan omong kosong mereka, telah mengacaukan banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapatkan untung yang memalukan. Mari perhatikan dengan jeli, apakah ada pengajar dengan pengajaran demikian di sekitar kita? Waspadalah!

Sebagai pelayan Tuhan, bertumbuhlah dalam iman dan pengetahuan yang benar agar supaya dapat menjadi penjaga iman jemaat. Tugas kita bersama adalah membawa jemaat bertumbuh dalam pengajaran yang sehat yang akan menghasilkan iman yang sehat dan kuat.

#passionateheintje.blogspot.com
Titus 1:13 "Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT