Devotion 277 : BEKERJA SEBAGAI SATU TIM

Devotion 277 - Dr. Heintje Kobstan
BEKERJA SEBAGAI SATU TIM
Bacaan: Kolose 4

Akan ada perbedaan pencapaian antara bekerja sendiri dan bekerja bersama-sama dalam tim.

Paulus seorang rasul yang luar biasa namun dalam keluarbiasaannya, ia tidak bekerja sendirian. Kemanapun ia pergi pasti akan membawa teman seperjalanan. Ia sangat membutuhkan rekan-rekan sekerja untuk dapat menyelesaikan misinya. Walaupun ia seorang pemimpin yang berkharisma tapi tidak menganggap anggota tim yang lain adalah bawahannya tapi rekan sekerja. Masing-masing berfungsi, saling melengkapi, membangun,  menguatkan, mendorong bahkan saling menasehati.

Bahkan dalam setiap surat-surat Paulus, ia selalu menyebutkan nama-nama rekan setimnya. Misalnya dalam surat kepada jemaat Kolose di pasal ini, ia menyebutkan nama Tikhikus. Paulus menyebut dia sebagai saudara kita yang kekasih, hamba yang setia dan kawan pelayan dalam Tuhan. Ada Onesimus, saudara kita yang setia dan yang kekasih. Onesimus bersama Tikhikus yang ditugaskan membawa berita tentang Paulus kepada jemaat di Kolose. Ada juga Aristakhus teman sepenjaranya Paulus, Markus kemenakan dari Barnabas serta Yesus yang disebut Yustus. Mereka adalah tiga kawan sekerja Paulus yang bersunat untuk Kerajaan Allah yang telah menjadi penghibur bagi Paulus. Juga ada Epafras, hamba Yesus Kristus, yang selalu bergumul tentang jemaat Kolose dalam doa. Serta ada tabib Lukas dan Demas. Mereka disebut Paulus telah mengirimkan salam kepada jemaat Kolose.

Paulus memperkenalkan dan menyebutkan satu persatu rekan sekerjanya. Ia tidak tampil "one man show" atau hanya mengambil keuntungan pribadi dari tim. Ia justru mengangkat harga diri tim dengan menyebut nama, tugas dan beban serta salam mereka untuk jemaat. Marilah kita mencontohi Paulus sebagai pemimpin dan bisa bekerja bersama dalam satu tim sebagai tubuh Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
Kolose 4:1 "Hai tuan-tuan, berlakulah adil dan jujur terhadap hambamu; ingatlah, kamu juga mempunyai tuan di sorga."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT