Devotion 286 : NASEHAT YANG MENGUBAHKAN

Devotion 286 - Dr. Heintje Kobstan
NASEHAT YANG MENGUBAHKAN
Bacaan: 1Timotius 1

Ada nasehat yang diberikan dengan tujuan yang murni, tetapi ada juga nasehat yang bisa menghancurkan hidup seseorang...

Paulus menyuruh Timotius untuk menetap sementara di Efesus untuk menata hidup jemaat dan meluruskan pengajaran-pengajaran yang ada di sana. Efesus merupakan kota perdagangan yang maju dan kota penyembahan berhala, terutama kepada dewi artemis. Di kota itu juga berkembang pengajaran-pengajaran yang berdasarkan falsafah hidup nenek moyang. Segala tradisi dan mistik yang turun temurun melekat dan telah menjadi gaya hidup atau tradisi masyarakat. Tidaklah heran jika terjadi percampuran kepercayaan (sinkritisme) yang ada dan terus berkembang mempengaruhi pola hidup bahkan sistem kepercayaan jemaat yang ada.

Sinkritisme dalam jemaat bisa terlihat dari pengajaran-pengajaran yang berbeda dari apa yang telah diberikan Paulus, ada unsur dongeng dan silsilah atau kepercayaan leluhur yang juga telah mempengaruhi iman jemaat. Karena itu Paulus ingin Timotius meluruskan kembali pengajaran dan iman mereka. Pengajaran yang membawa kepada cara hidup beriman dan tertib dalam terang keselamatan Allah. Tujuan Timotius dalam memberikan nasehat kepada jemaat Efesus adalah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas. Atau tujuan nasehat itu bukan untuk lebih memahami firman Tuhan namun perubahan karakter atau moral yang dinyatakan dalam kasih, kesucian hati, kemurnian hidup dan iman yang tulus.

Sebagai pengikut Yesus, terimalah setiap nasehat yang berdasarkan pada kebenaran walaupun terasa tidak menyenangkan tetapi bertujuan baik dan membangun iman dan karakter kita. Hal inilah yang akan membawa kita keluar dari segala penyesatan dan memperbaiki kehidupan batin kita.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Timotius 1:5 "Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT