Devotion 291 : TIDAK USAH DIPERDEBATKAN

Devotion 291 - Dr. Heintje Kobstan
TIDAK USAH DIPERDEBATKAN
Bacaan: 1Timotius 6

Seringkali persoalan yang diperdebatkan adalah persoalan yang tidak diketahui tetapi berlagak tahu.

Perdebatan terjadi karena ada orang yang berlagak tahu tetapi tidak tahu apa.... alias 'sota' (sok tahu)... mempertahankan pendapat dengan pengetahuan yang pas-pasan, merasa diri benar dan tahu semua dibanding yang lain. Sewaktu masih dibangku sekolah dulu, ada pelajaran-pelajaran tertentu yang pada waktu diskusi telah menjadi ajang perdebatan. Sewaktu berdebat, awalnya hanya seputar pelajaran yang ditanyakan tetapi kemudian bisa melebar ke persoalan pribadi.

Begitu juga dengan kekristenan, terkadang ada hal-hal yang memang tidak perlu diperdebatkan tetapi diusahakan untuk didebat supaya kelihatan hebat. Orang diluar Kristen pun berusaha untuk memahami kekristenan dan mau memperdebatkannya dengan apa yang dia ketahui dengan tujuan untuk mencari kesalahan dan menjatuhkan iman Kristen. Padahal apa yang mereka ketahui hanya kulit luar kekristenan dan sudah merasa diri hebat. Jika ingin mengetahui tentang kekristenan, jadilah pengikut Kristus bukan hanya dari literatur atau kata orang saja. Alami terlebih dahulu kasih Kristus dan mengerti kebenaranNya baru kemudian bertanya.

Paulus menasehati Timotius, ada orang-orang yang mau mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat, perkataan Kristus, kesukaan mereka adalah berdebat untuk mempertahankan argumentasi yang seolah-olah benar tetapi salah. Sehingga bisa menimbulkan pertengkaran, perselisihan dan kehilangan akal sehat. Perdebatan yang tidak konstruktif dengan tujuan mencari solusi haruslah dijauhi karena tidak ada hikmahnya. Perdebatan dengan saudara yang tidak seiman hanya akan membuang waktu-buang waktu saja.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Timotius 6:4 "ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT