Devotion 147 : MENGAPA ROHANI KITA TIDAK BERTUMBUH?

Devotion 147 - Dr. Heintje Kobstan
MENGAPA ROHANI KITA TIDAK BERTUMBUH?
Bacaan: Lukas 8

Jangan menjadi orang Kristen secara KTP saja, maksudnya agar kolom agama di KTP terisi. Namun menjadi Kristen harus mengalami yang namanya pertumbuhan rohani. Pertumbuhan ini bisa cepat namun juga lambat tergantung dari sikap hatinya. Yesus mengambil perumpamaan penabur untuk menyatakan tingkat pertumbuhan rohani seseorang.

Ada 3 tipe Kristen yang tidak bertumbuh rohaninya, yaitu:
1. Kristen yang tidak mau percaya firman Tuhan. Diibaratkan benih yang jatuh di pinggir jalan. Benih itu diinjak-injak orang dan dimakan burung. Benih firman Tuhan jatuh didalam hati kita namun iblis berkesempatan menginjak untuk mematikannya atau mencurinya agar kita tidak bisa percaya dan diselamatkan.
2. Kristen entertain. Yesus mengibaratkan benih yang jatuh dibatu-batu itu adalah orang Kristen yang datang beribadah dan dengar firman yang menyenangkan telinga dan hanya untuk senang-senang saja. Ibadah sebagai suatu hiburan. Daripada kediskotik mending ke gereja yang sudah seperti diskotik.
3. Kristen 2 kaki. Diibaratkan benih yang jatuh disemak duri. Kristen jenis ini adalah yang mempunyai prinsip saya mau beribadah sungguh-sungguh tapi tetap melakukan praktik duniawi. Masih meragukan kebenaran firman dan hidup dalam kedagingan. Disatu sisi Tuhan dan disisi lain dunia.
Namun ada 1 tipe Kristen yang bertumbuh, yaitu:
4. Kristen yang bertekun. Kristen ini digambarkan seperti benih yang jatuh ditanah yang baik. Firman itu bertumbuh dalam hati dan menghasilkan buah dalam ketekunan.

Marilah kita berusaha sungguh-sungguh menjadi Kristen yang ke-4, Kristen yang bertekun sehingga kita mengalami pertumbuhan rohani dan menghasilkan buah.

#passionateheintje.blogspot.com
Lukas 8:15 "Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT