Devotion 145 : MOTIVASI MENENTUKAN PERBUATAN

Devotion 145 - Dr. Heintje Kobstan
MOTIVASI MENENTUKAN PERBUATAN
Bacaan: Lukas 6

Rasa-rasanya atau jika ada kesempatan untuk membalas perlakuan orang lain kepada kita maka kita akan melakukannya. Lagian orang tersebut memang bersalah kepada kita, jadi sudah sepatutnya dihukum. Malah ada yang berkata, pembalasan lebih kejam daripada perbuatan.

Kecenderungan manusia adalah melakukan balas dendam namun yang menjadi masalah adalah apakah dengan balas dendam maka semua masalah bisa selesai? Tidak! Tidak semua dapat teratasi secara kasat mata. Yesus mengajarkan agar kita senantiasa berbuat baik kepada mereka yang membenci kita. Jika hal ini kita lakukan maka balas dendam akan hilang selamanya.
Mengasihi dengan motivasi terselubung sangatlah gampang dilakukan. Kasih tersebut menuntut balas, balasannya bisa berupa ketenaran atau popularitas, kedudukan atau pun kekayaan. Begitu juga dengan berbuat baik karena adanya motivasi terselubung akan sangat mudah dilakukan. Yesus berkata jika kita mengasihi atau pun berbuat baik karena balasan, apakah bedanya kita dengan orang berdosa karena mereka pun berbuat demikian.
Namun Yesus mengajarkan, tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Jangan simpan akar pahit, tetapi lepaskanlah pengampunan kepada mereka yang telah menyakitimu atau merugikanmu. Bahkan Yesus mengajarkan agar kita meminta berkat bagi orang yang mencaci kita. Semoga kita semua menjadi pelaku firman Tuhan.

#passionateheintje.blospot.com
Lukas 6:36 "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT