Devotion 140 : TEMUKAN MANFAAT MEMBACA ALKITAB

Devotion 140 - Dr. Heintje Kobstan
TEMUKAN MANFAAT MEMBACA ALKITAB
Bacaan: Lukas 1

Sampai saat ini tak ada yang mengetahui siapa sebenarnya Theofilus yang mulia, yang disapa oleh Lukas dalam pembukaan tulisannya. Ada yang mengatakan bahwa Theofilus itu bukan sesosok pribadi, namun adalah sahabat-sahabat Allah. Karena arti nama Theofilus adalah sahabat Allah. Jadi tulisan ini dutujukan kepada sabahat-sahabat Allah.
Ada juga yang mengatakan bahwa itu seorang pribadi, mungkin seorang hakim karena ditambahkan unsur kata yang mulia (Yun= Kratiste) dan diharapkan sebagai pelindung bagi Injil oleh Lukas. Namun kepada siapa Lukas tujukan tulisan ini, tulisan ini sangatlah bermanfaat dan penting dalam membangun iman.
Lukas telah mendapatkan pengilhaman dari Roh Kudus untuk menuliskan kembali peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi (pragmata peplerophoremena). Tulisan yang diilhamkan Allah sangat berguna untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dan hal ini disajikan oleh Lukas dalam tulisan yang terpercaya, sumber beritanya dari mereka yang mengalami dan sebagai pelayan firman, telah diselidiki dengan seksama dan akhirnya dibukukan dengan teratur. Harapan Lukas adalah agar Theofilus yang merupakan sahabat Allah yang mulia dapat mempelajarinya dengan baik dan meyakini bahwa apa yang telah diajarkan selama ini adalah benar.
Kita sebagai sahabat-sahabat Allah harus meyakini bahwa Alkitab, yang telah ditulis oleh sekitar 40 penulis dengan ilhaman Roh Kudus dalam kurun waktu 1500 tahun adalah benar. Dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kerohanian kita dan bahkan bagi ilmu pengetahuan. Allah adalah sumber dan menduduki tempat puncak dari ilmu pengetahuan. Alkitab jangan disia-siakan begitu saja, namun dibaca, direnungkan dan dipelajari dengan teliti maka engkau akan mendapatkan manfaatnya melalui kebenaranNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Lukas 1:4 "....bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT