Devotion 779 : JANGAN BIARKAN SUNYI

Devotion 779 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN BIARKAN SUNYI
Bacaan: Nehemia 11

Nehemia telah berhasil membangun kembali tembok kota Yerusalem. Tetapi permasalahannya penduduk kota itu hanya sedikit sedangkan kota itu luas. Ada beberapa kemungkinan yang membuat orang Israel yang kembali dari pembuangan tidak mau menempati kota itu. Kemungkinannya adalah lahan pertanian atau peternakan berada jauh dari kota itu. Jika mereka ingin untuk bertani atau beternak maka mereka cenderung memilih daerah diluar Yerusalem. Kemungkinan berikutnya adalah rakyat tidak memberikan perpuluhan atau persembahan khusus untuk mendukung kehidupan imam dan orang Lewi sehingga mereka meninggalkan Yerusalem untuk mencari penghidupan yang layak. Karena itu perpuluhan dan persembahan khusus ditekankan kembali dalam perjanjian mereka dihadapan Tuhan.

Nehemia mengambil tindakan untuk membuang undi 1 dari tiap 10 orang. 1 orang tersebut akan tinggal di Yerusalem dan 9 orang yang lain pergi mendiami kota-kota yang lain. Para pemimpin mengambil keputusan untuk menetap di Yerusalem tanpa diundi. Ini merupakan tindakan sukarela dan penuh pengorbanan. Pemimpin harus memberikan contoh dan teladan karena tanpa itu mereka tidak dapat mengerahkan rakyat untuk membangun kota bahkan bangsa itu. Bagi masyarakat umum, undian dipercaya merupakan penentuan kehendak Tuhan atas umatNya. Yerusalem merupakan pusat dari kehidupan kerohanian umat Israel yang harus dibangun kembali menjadi pusat perayaan dan penyembahan kepada TUHAN. Karena itu Yerusalem harus mendapat sokongan dari semua lapisan umat Tuhan. Pembangunan kehidupan rohani memerlukan dukungan dari seluruh umat Tuhan. Bukan hanya para Imam dan orang Lewi tetapi juga dari para pemimpin dan umat Tuhan. Di saat ini kita bisa mengatakan bahwa Yerusalem merupakan rumah Tuhan yang harus menjadi pusat penyembahan dan kehidupan umat Tuhan. Rumah Tuhan harus dibangun sehingga menjadi terang dan tempat penyembahan kepada TUHAN bagi segala bangsa.

Jangan biarkan rumah Tuhan menjadi sunyi dan terbengkalai tetapi bangunlah untuk menjadi terang dan tempat ibadah segala bangsa.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 11:2 "Orang-orang memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT