Devotion 756 : FIRMAN TUHAN YANG MENGUBAHKAN

Devotion 756 - DR. Heintje Kobstan

FIRMAN TUHAN YANG MENGUBAHKAN

Bacaan: 2 Tawarikh 34


Yosia adalah raja terakhir yang hidup dalam takut akan Tuhan. Pada tahun ke-12 pemerintahannya, ia mengadakan gerakan reformasi yaitu pembaharuan mental dan spiritual di Yehuda yang diakibatkan oleh Amnon, ayahnya sehingga Yehuda memiliki komitmen kembali pada Taurat Tuhan. Dan ini menjadi harapan bagi orang-orang Yehuda yang telah kembali dari pembuangan.


Gerakan transformasi yang dilakukan oleh Yosia merupakan teladan bagi mereka pasca pembuangan. Yosia melakukan tindakan pemulihan dari kenajisan akibat penyembahan berhala diseluruh tanah Israel. Yosia juga mengadakan pembersihan dirumah Tuhan sekaligus memperbaiki apa yang rusak. Hal ini menandakan bahwa Yosia tidak mau agar orang Yehuda kembali lagi ke penyembahan berhala yang merupakan titik lemah mereka tetapi harus berbalik daan kembali beribadah kepada TUHAN. Pada saat membersihkan rumah Tuhan, imam Hilkia menemukan kitab Taurat Tuhan yang diberikan Musa dan menyerahkan kepada Safan, Panitera negara dan kemudian diserahkan dan diperdengarkan kepada Yosia. Ia sadar dan merendahkan diri ketika mendengar isi kitab Taurat itu dan berusaha sungguh-sungguh mencari kehendak Tuhan. Hal ini yang membuat Yosia mempunyai dasar mengadakan gerakan reformasi spiritual. Kitab Taurat itu ibarat harta karun yang kemudian ditemukan dan menghasilkan gerakan transformasi. Apa yang dilakukan Yosia adalah gerakan pembaharuan mental dan spiritual, pertobatan secara nasional dan berbalik kembali pada Tuhan dan beribadah padaNya. Firman Tuhan tidak akan menjadi firman yang kuat dan hidup yang berkuasa mengubahkan dan menjadi jawaban dalam kehidupan ketika tidak dibaca sungguh-sungguh. Karena itu, Alkitab jangan disimpan begitu saja tetapi harus dibaca sungguh-sungguh sehingga menjadi kehidupan bagi umat Tuhan.


Alkitab adalah firman Allah yang kuat dan berkuasa dan menjadi jawaban bagi kehidupan jika dibaca, direnungkan dan dilakukan dengan segenap hati.


#passionateheintje.blogspot.com

2 Tawarikh 34:19 "Segera sesudah raja mendengar perkataan Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT