Devotion 778 : MEMBANGUN KEHIDUPAN ROHANI

Devotion 778 - Dr. Heintje Kobstan
MEMBANGUN KEHIDUPAN ROHANI
Bacaan: Nehemia 10

Perubahan hidup terjadi pada seluruh tatanan sosial masyarakat Yehuda ketika mereka membuka hati untuk firman Tuhan. Ini merupakan transformasi suatu bangsa, yang bertobat sehingga terjadi pemulihan kembali hubungan antara Tuhan dan umatNya. Transformasi ini kemudian ditandai dengan ikatan perjanjian komitmen yang dilakukan oleh para pemuka mulai dari Nehemia sebagai Gubernur wilayah daerah itu sampai kepada para imam dan orang Lewi. Secara umum mereka berkomitmen untuk hidup menurut hukum dan ketetapan Tuhan dan mengikuti segala kehendakNya.

Namun secara khusus hampirsemua komitmen mereka terfokus pada kehidupan ibadah kepada Allah. Ini tidak berarti kehidupan sosial tidak penting. Hal ini menunjukkan keyakinan mereka bahwa kehidupan ibadah merupakan dasar bagi kehidupan sosial. Beberapa perjanjian sebelum pembuangan termasuk didalamnya perjanjian Sinai, semuanya dibuat oleh TUHAN dan diresponi oleh umatNya. Jadi TUHAN mengikat diriNya dengan perjanjian kekal kepada umatNya. Tetapi komitmen yang dibuat oleh mereka kali ini merupakan suatu tindakan umat Tuhan yang mengikatkan diri mereka dalam perjanjian kepada Tuhan. Mereka bertekad untuk menjauhkan diri dari hubungan dengan orang asing yang tidak sesuai Taurat TUHAN. Mereka juga berketetapan untuk membangun kehidupan ibadah dan menguduskan hari sabat serta mendukung pelayanan di bait suci melalui persembahan-persembahan yang diberikan sesuai ketetapan. Melihat perjanjian ini maka mereka sadar bahwa jika hubungan dengan Tuhan beres maka kehidupan suatu bangsa akan berjalan dengan baik dan aman. Dimulai dari hal yang rohani atau supranatual yang kemudian akan menjadi kenyataan di alam natural. Jika kita mulai membangun kehidupan rohani  yang kokoh maka segala sesuatu yang ada di alam nyata ini tidak akan sanggup menghancurkan kehidupan kita.

Bangunlah kehidupan rohani yang kokoh dalam Yesus Kristus agar supaya tidak dapat tergerus arus pencobaan dunia ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 10:28 "Dan orang-orang yang lain, yakni: para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu gerbang, para penyanyi, para budak di bait Allah dan segala orang yang memisahkan diri dari penduduk negeri untuk patuh kepada hukum Allah, serta isteri mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka, begitu juga semua orang yang cukup dewasa untuk mengerti,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT