Devotion 769 : DOA BAGI BANGSA INI

Devotion 769 - Dr. Heintje Kobstan
DOA BAGI BANGSA
Bacaan: Nehemia 1

Nehemia merupakan salah satu orang Israel yang dibuang tetapi mendapat posisi penting dalam kerajaan, yaitu sebagai juru minuman raja Arthasasta. Pada bulan Kislew, tahun ke dua puluh, yaitu sekitar bulan Desember tahun 445sM, ketika ia berada di puri Susan. Pada tahun 550sM, Daniel diangkut ke sini dan Ester menjadi ratu Ahasyweros sekitar tahun 481sM di Istana ini. Dan Nehemia menerima kabar dari Hanani tentang keadaan orang Yehuda yang terluput dari pembuangan bahwa mereka hidup dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela karena tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya terbakar.

Ketika Nehemia mendengar tentang keadaan orang Israel dan tembok Yerusalem yang telah roboh maka ia menangis dan berkabung. Tidak cukup menangis dan berkabung, Nehemia juga melakukan puasa dan menaikkan doa kepada TUHAN Allah Israel, Allah semesta langit. Nehemia mempunyai kepedulian yang mendalam tentang keadaan Yerusalem padahal ia sudah mempunyai kedudukan yang tinggi di kerajaan Persia. Nehemia tidak sekedar hanya menjadi orang Israel secara jasmani tetapi Yerusalem telah ada dan lahir dalam hatinya. Sehingga yang ia lakukan adalah, berdoa bagi bangsanya dan mengakui segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan bangsanya. Tetapi bukan hanya mengakui dosa tetapi Nehemia tahu akan kebenaran janji Tuhan bagi Israel dan keberadaan Israel dihadapan Tuhan. Sehingga dalam doanya, Ia mengingatkan Tuhan akan janji-janjiNya kepada Israel. Bahwa jika mereka bertobat dan kembali ke jalan Tuhan maka Tuhan akan mengumpulkan mereka kembali ketempat yang dipilihNya walau mereka telah tercerai berai sampai keujung bumi. Kita ada di Indonesia, mungkin kita tidak bisa melakukan perubahan secara langsung dan besar-besaran karena kita tidak punya kuasa untuk itu. Tetapi ketika kita berdoa dan mengingatkan Tuhan akan janjiNya, maka Tuhan sanggup untuk menyatakan kuasaNya dan memulihkan bangsa ini.

Hanya doa yang keluar dari dasar hati karena mengasihi bangsa ini yang akan menggerakan Tuhan untuk menyatakan kuasaNya dan memulihkan bangsa ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 1:4 "Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT