Devotion 761 : YANG PERTAMA DAN TERUTAMA

Devotion 761 - Dr. Heintje Kobstan

YANG PERTAMA DAN TERUTAMA

Bacaan: Ezra 3

Mereka yang kembali memiliki semangat nasionalisme yang tinggi sebagai suatu bangsa dan juga spiritualitas yang ingin menegakkan kembali nama Tuhan lewat ibadah dan membangun rumah Tuhan.  Kemudian mereka berkumpul di Yerusalem, Yesua bin Yozadak dan saudara-saudaranya, para imam dan Zerubabel bin Sealtiel dan saudara-saudaranya membangun kembali mezbah untuk mempersembahkan korban bakaran sesuai yang tertulis di kitab Taurat Musa.   

Hal yang pertama yang mereka lakukan secara bersama-sama adalah mereka membangun mezbah, mengadakan perayaan pondok daun dan mempersembahkan korban secara rutin. Sedangkan dasar rumah Tuhan pada waktu itu belum diletakkan. Pada tahun kedua, mereka kembali berkumpul dan mulai membangun rumah Tuhan. Pada waktu dasar bait suci diletakkan maka tampillah para imam lengkap dengan pakaian jabatan mereka dan membawa nafiri, para Lewi dan bani Asaf membawa ceracap lalu memuji-muji Tuhan menurut petunjuk Daud. Mereka menyanyikan lagu tentang kesetiaan dan kebaikan Tuhan bersama seluruh rakyat. Mereka menyanyikan dengan penuh syukur, sehingga selain pujian dan sorak sorai juga terdengar tangisan yang nyaring. Generasi tua menangis karena mengingat kemegahan dan kecintaan mereka pada bait Allah dan generasi muda bersukacita karena adanya pengharapan akan hari esok karena kasih setia Tuhan yang menyertai mereka. Sebelum mereka membangun kembali negeri itu maka hal yang pertama yang harus dilakukan adalah membangun penyembahan kepada Allah yang hidup. Apa yang telah dipelajari oleh mereka pasca pembuangan yaitu Tuhan adalah prioritas pertama dan terutama dari segala pembangunan fisik maupun spiritual.

TUHAN adalah prioritas yang pertama dan terutama dari segala sesuatu dalam hidup ini. 

#passionateheintje.blogspot.com

Ezra 3:11 "Secara berbalas-balasan mereka menyanyikan bagi TUHAN nyanyian pujian dan syukur: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!" Dan seluruh umat bersorak-sorai dengan nyaring sambil memuji-muji TUHAN, oleh karena dasar rumah TUHAN telah diletakkan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT