Devotion 754 : UJIAN IMAN DAN KESETIAAN

Devotion 754 - DR. Heintje Kobstan

UJIAN IMAN DAN KESETIAAN

Bacaan: 2 Tawarikh 32


Setiap keberhasilan yang diraih pasti akan ada tantangannya suatu hari nanti. Tantangan itu untuk menguji iman dan kesetiaan Hizkia kepada Tuhan. Hizkia telah berhasil mengadakan perubahan yang dimulai dari rumah Tuhan sehingga membawa dampak kepada seluruh rakyat. Tetapi Sanherib, raja Asyur menyerbu Yerusalem dan ia mengepung kota-kota berkubu dan berniat untuk merebutnya. Karena itu Hizkia menutup sumber-sumber air agar tidak tersedia bagi musuhnya dan membangun kembali tembok yang terbongkar, membuat menara dan tembok lainnya diluarnya serta membuat persenjataan dan memperkuat Milo di kota Daud.


Segala yang diperlukan secara fisik untuk menghadapi musuh telah dilakukan oleh Hizkia. Tetapi sebenarnya yang terpenting adalah sikap mental dan spiritual bangsa itu. Hizkia mengangkat panglima-panglima yang mengepalai rakyat dan mengumpulkan mereka serta berpidato menenangkan mereka. Hizkia menyatakan bahwa mereka harus menguatkan dan meneguhkan hati karena meskipun raja Asyur dan tentaranya banyak tetapi yang menyertai mereka lebih banyak lagi. Yang menyertai raja Asyur adalah tangan manusia tetapi yang menyertai mereka adalah Tuhan Allah yang membantu dan melakukan peperangan bagi Yehuda. Maka tenanglah seluruh rakyat karena mereka percaya kepada Tuhan sehingga ketika raja Asyur mengirimkan utusan untuk mengintimidasi mereka, mereka tidak terpengaruh sedikitpun.  Tetapi Hizkia dan nabi Yesaya bin Amos berseru kepada Tuhan maka Tuhan mengirimkan malaikatNya dan memukul kalah tentara raja Asyur sehingga ia pulang dengan malu dan mati ditangan anaknya di rumah allahnya. Hizkia dan seluruh rakyat meraih kemenangan karena Tuhan yang menyelamatkan mereka. Seperti Hizkia, setiap kita pasti akan mengalami ujian iman dan kesetiaan tetapi yang berharap sepenuhnya pada Tuhan pasti akan meraih kemenangan. 


Kesulitan dan ujian iman terkadang dialami orang percaya tetapi jika kita tetap percaya dan berharap pada Tuhan maka Ia akan memberikan kemenangan.


#passionateheintje.blogspot.com

2 Tawarikh 32:22 "Demikianlah TUHAN menyelamatkan Hizkia dan penduduk Yerusalem dari tangan Sanherib, raja Asyur, dan dari tangan semua musuhnya. Dan Ia mengaruniakan keamanan kepada mereka di segala penjuru."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT