Devotion 758 : PAGAR PERLINDUNGAN TUHAN

Devotion 758 - DR. Heintje Kobstan
PAGAR PERLINDUNGAN TUHAN
Bacaan: 2 Tawarikh 36

Yoahas diangkat oleh rakyat negeri itu menjadi raja menggantikan Yosia ayahnya. Yoahas memerintah Yehuda diusia 23 tahun dan hanya selama 3 bulan ia memerintah sebelum ia ditawan dan dibawa ke Mesir. Raja Mesir memecat Yoahas dan menggantikannya dengan Elyakim, saudaranya yang kemudian menukar namanya menjadi Yoyakim. Ia melakukan apa yang jahat dimata Tuhan. Kemudian bangkitlah Nebukadnesar, raja Babel menyerangnya dan mengalahkannya serta membelenggu dan menawannya ke Babel. Nebukadnesar juga mengangkut beberapa perkakas rumah Tuhan dan ditaruhnya diistananya di Babel.

Setelah itu, Yoyakhin menjadi raja tetapi ia juga melakukan apa yang jahat dimata Tuhan. Ia pun ditawan dibawa ke Babel beserta beberapa perkakas yang indah-indah dari rumah Tuhan dan pamannya Zedekia diangkat menjadi raja menggantikannya. Ia melakukan yang jahat dan tidak mengindahkan suara Tuhan lewat nabi Yeremia. Berulang kali di zaman Zedekia Tuhan mengirimkan para nabi untuk memperingatinya tetapi justru mengolok-olok utusan Allah dan menghina firman Allah dan mengejek nabi-nabiNya. Ia juga melakukan pemberontakan kepada Nebukadnezar. Nebukadnezar telah menjadi alat Allah untuk memusnahkan Yehuda yang tidak setia kepadaNya. Namun Tuhan tetap memperlihatkan kasih setiaNya, diakhir masa penghukuman atas Yehuda, Tuhan memakai Koresh raja Persia untuk memulangkan kembali umatNya ke tanah Yehuda. Akhir dari kitab ini bukan memperlihatkan kegagalan para raja, tetapi memperlihatkan kasih setia Tuhan dan kuasaNya kepada umatNya. Ini menjadi pelajaran bagi orang percaya, pemeliharaan dan perlindungan Tuhan akan tetap ada atas hidup ini jika kita setia dan hidup beribadah padaNya. Jika kita berubah setia maka kita sedang keluar dari pagar perlindunganNya sehingga si jahat setiap saat dapat memangsa hidup kita. Tuhan tidak pernah meninggalkan hidup kita karena Ia adalah Allah yang setia tetapi kitalah yang sering meninggalkanNya dan berubah setia.

Jangan keluar dari pagar perlindungan Tuhan agar si jahat tidak memangsa dan menghancurkan hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 36:14 "Juga semua pemimpin di antara para imam dan rakyat berkali-kali berubah setia dengan mengikuti segala kekejian bangsa-bangsa lain. Rumah yang dikuduskan TUHAN di Yerusalem itu dinajiskan mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT