Devotion 770 : BERESPON PADA RENCANA TUHAN

Devotion 770 - Dr. Heintje Kobstan
BERESPON PADA RENCANA TUHAN
Bacaan: Nehemia 2

Ketika tiba jadwal tugas Nehemia untuk menyajikan anggur kepada raja maka raja Arthasasta melihat Nehemia tidak seperti biasanya. Raut wajah Nehemia kelihatan sedih dan hal itu menimbulkan pertanyaan raja kepada Nehemia. Bagi Nehemia ini adalah malapetaka karena menampakkan raut wajah sedih ketika berada di hadapan raja itu merupakan suatu penghinaan kepada raja dan bisa berakhir dengan penghukuman. Tetapi Nehemia yang sebelumnya telah berdoa kepada Tuhan menjawab pertanyaan raja dengan ungkapan kesedihan atas tanah kelahirannya yang temboknya telah roboh. Raja kemudian mengijinkan Nehemia untuk pergi kembali dan mewujudkan rencanaNya itu yang disertai sokongan penuh dari raja.

Apa yang terjadi pada Nehemia sampai raja Arthasasta menyatakan kemurahan hatinya itu semua karena penyertaan Tuhan. Hati raja-raja berada di tangan Tuhan sehingga Tuhan sanggup membalikkan keadaan hati mereka demi untuk menggenapi rencanaNya. Tetapi rencana Nehemia untuk menyejahterakan orang Israel telah membuat kesal hati Sanbalat dan Tobia dan kelak merekalah yang akan menghalangi rencana Nehemia. Ketika Nehemia tiba di Yerusalem, ia mulai menjalankan rencana Allah yang ditaruh dalam hatinya pada waktu malam supaya tidak diketahui oleh siapapun, hanya pada mereka yang menyertainya. Terkadang rencana Tuhan yang ditaruh dalam hati tidak perlu digembar-gemborkan karena banyak penantang yang siap menghalangi. Setelah Nehemia melakukan penyelidikan terhadap reruntuhan itu maka dikumpulkan orang-orang Israel dan menyatakan rencana Tuhan untuk membangun kembali tembok yang roboh itu dan mereka menyatakan kesanggupannya. Ketika Tuhan menaruh rencanaNya dalam hati seseorang makoa itu akan menjadi beban dan diperlukan respon untuk melakukan rencana itu. Ketika orang itu memberikan respon yang tepat maka tangan Tuhan akan menyertainya dan memberikan keberhasilan untuk mewujudkan rencanaNya itu. Adakah Tuhan menaruh rencanaNya dalam hatimu? Jangan anggap itu sebagai beban berat, beresponlah dengan benar maka tangan Tuhan yang akan membuat engkau berhasil.

Tangan Tuhan akan menyertai dan memberikan kesuksesan ketika kita berespon dengan benar pada rencana Allah yang ditaruhNya dalam hati kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 2:20 Aku menjawab mereka, kataku: "Allah semesta langit, Dialah yang membuat kami berhasil! Kami, hamba-hamba-Nya, telah siap untuk membangun. Tetapi kamu tak punya bagian atau hak dan tidak akan diingat di Yerusalem!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT