Devotion 762 : JANGAN BERHENTI, TERUSLAH MEMBANGUN!

Devotion 762 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN BERHENTI, TERUSLAH MEMBANGUN!
Bacaan: Ezra 4

Ketika orang Israel di bawa ke pembuangan maka Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel; maka orang-orang itu pun menduduki Samaria dan diam di kota-kotanya. Mereka pada awalnya tidak percaya Tuhan tetapi kemudian beribadah kepada Tuhan disamping beribadah kepada dewa-dewa mereka. Hal ini dilakukan untuk bertahan hidup karena sejak mereka pindah, singa-singa memangsa mereka. Dan hal ini dilaporkan kepada raja Asyur, dan ia mengirimkan imam ke sana untuk mengajar hukum Tuhan dan mereka beribadah kepada Tuhan tetapi tetap mendua hati.

Ketika orang Israel yang kembali dari pembuangan dan mulai membangun bait Suci, mereka juga ingin ikut membantu dalam pembangunan itu. Tetapi para pemimpin tidak memberi kesempatan bagi mereka untuk ikut serta dalam pembangunan karena mereka bukanlah orang Israel asli. Karena hal itu, maka mereka mulai melemahkan semangat orang-orang Yehuda dan membuat mereka takut membangun. Sejak zaman Koresh sampai Darius raja Persia, mereka berusaha menghalangi dengan menyuap para penasihat untuk menggagalkan pembangunan bait Suci ini. Bukan hanya itu, mereka juga membuat dan mengirimkan surat tuduhan palsu kepada raja Ahasyweros lalu setelah itu kepada raja Arthasasta dan akhirnya pada jaman raja Arthasasta pembangunan bait Allah ini dihentikan secara paksa. Ketika orang Israel membangun bait Suci, bukan berarti tanpa hambatan karena yang dibangun adalah rumah Tuhan, tetapi justru sebaliknya. Begitu juga ketika kita mulai membangun kehidupan rohani baik secara pribadi maupun koorporat, akan ada hambatan-hambatan yang muncul untuk melemahkan iman dan membuat kita takut dan akhirnya berhenti membangun. Ini adalah rencana si jahat agar supaya kita berhenti membangun kehidupan rohani yang kuat. Karena itu apapun hambatan-hambatan yang ada, jangan berhenti tetapi teruslah membangun sampai selesai. Ingatlah bahwa Roh Kudus dan Firman Tuhan akan selalu menolong dan memberikan kekuatan untuk menghadapi segala hambatan.

Jangan berhenti membangun kehidupan rohani, karena setiap hambatan seharusnya membuat kita semakin kuat dalam iman bukan melemah dan tak berdaya.

#passionateheintje.blogspot.com
Ezra 4:23 "Maka setelah salinan surat raja Artahsasta dibacakan kepada Rehum, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan mereka, berangkatlah mereka dengan segera ke Yerusalem mendapatkan orang-orang Yahudi, dan dengan kekerasan mereka memaksa orang-orang itu menghentikan pekerjaan itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT