Devotion 755 : BERTOBATLAH DAN RENDAHKAN DIRIMU

Devotion 755 - DR. Heintje Kobstan
BERTOBATLAH DAN RENDAHKAN DIRIMU
Bacaan: 2 Tawarikh 33

Hari ini kita akan belajar 2 kisah kehidupan dari raja-raja Yehuda. Yang pertama adalah kisah tentang raja Manasye, anak Hizkia. Ia berumur 12 tahun pada waktu menjadi raja dan 55 tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Manasye hidup tidak seperti ayahnya ataupun Daud bapa leluhurnya. Ia melakukan perbuatan-perbuatan yang sangat jahat dihadapan Tuhan. Ia membangun kembali penyembahan kepada berhala, mengizinkan praktek okultisme, serta mengorbankan anak-anaknya. Ia juga mencemari rumah Tuhan dengan mendirikan dua mezbah bagi tentara langit, padahal Tuhan sendiri telah berfirman bahwa di Yerusalem namaKu akan tetap tinggal selamanya. Ketika Tuhan memberi peringatan, ia tidak mengindahkannya sehingga Tuhan harus menghukumnya dengan mengirimkan tentara Asyur dan menangkapnya dan dibawa ke Babel. Dalam keadaan terdesak, ia bertobat dan merendahkan diri kepada Tuhan serta berdoa untuk pemulihan dan Tuhan mendengar doanya. Ia pun dikembalikan ke Yerusalem dan melakukan tindakan pertobatan serta mengakui nama Tuhan sampai pada hari matinya. Ia pun dikuburkan di dalam istananya.

Pelajaran yang kedua adalah kisah tentang raja Amon, anak Manasye yang menjadi raja pada usia 22 tahun dan 2 tahun ia menjadi raja di Yerusalem. Amon melakukan hal yang jahat seperti Manasye. Ia mempersembahkan korban kepada patung-patung yang dibuat Manasye dan beribadah padanya. Tetapi Amon tidak bertobat dan merendahkan diri seperti ayahnya dan justru ia makin melakukan banyak kesalahan. Dan pada akhirnya para pegawainya mengadakan persepakatan untuk membunuhnya dan Amon mati dibunuh diistananya tanpa pernah hidup dalam pertobatan kepada Tuhan.

Dua contoh kehidupan yang dipaparkan Alkitab kepada kita, Manasye yang melakukan kejahatan di mata Tuhan tetapi kemudian bertobat dan Amon, anaknya yang juga melakukan kejahatan dihadapan Tuhan tetapi tidak bertobat dan tetap hidup dalam kejahatan. Ini menggambarkan 2 pilihan kehidupan yang berujung pada kehidupan kekal atau kematian kekal. Manasye memilih untuk masuk dalam kehidupan kekal sedangkan Amon memilih untuk menikmati kematian kekal. Apakah pilihanmu?

Berhentilah melakukan kejahatan dan berbaliklah kepada Tuhan serta bertobat maka kehidupan kekal menantimu diujung sana.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Tawarikh 33:12 "Dalam keadaan yang terdesak ini, ia berusaha melunakkan hati TUHAN, Allahnya; ia sangat merendahkan diri di hadapan Allah nenek moyangnya,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT