Devotion 773 : BUDAYAKAN GAYA HIDUP "SALING"

Devotion 773 - Dr. Heintje Kobstan
BUDAYAKAN GAYA HIDUP "SALING"
Bacaan: Nehemia 5

Ketika mereka sedang membangun kembali tembok yang roboh dengan semangat dan kerja keras, maka terdengarlah keluhan yang sangat keras dari rakyat dan para istri orang Yahudi. Mereka mengeluhkan tentang ketiadaan sumber daya dan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Bahkan tanah ladang telah digadaikan demi pemenuhan kebutuhan hidup dan anak-anak mereka telah diambil sebagai budak untuk membayar hutang-hutang mereka. Hal ini ternyata dilakukan bukan orang diluar Yehuda tetapi sesama mereka. Yang kaya telah menindas yang miskin tanpa terkecuali, dan hal ini terdengar oleh Nehemia. Kesenjangan sosial waktu itu sangatlah lebar antara yang kaya dan miskin.

Nehemia menjadi sangat marah namun ia tidak bertindak dalam kemarahannya. Ia berpikir masak-masak langkah-langkah apa yang akan diambil olehnya. Mungkin disituasi seperti ini, Nehemia berdoa dan memohon hikmat kepada Tuhan untuk mengatasi kesenjangan sosial tersebut. Akar permasalahannya adalah mereka tidak lagi takut akan Allah sebab firman Tuhan dengan jelas melarang menarik bunga uang atau riba dari saudara sebangsanya. Kedua, ketiadaan kasih sehingga gaya hidup "saling" telah digantikan gaya hidup egois, mencari keuntungan dari sesama kalau perlu menindas mereka. Apa yang dilakukan Nehemia? Ia menegur keras perilaku orang-orang kaya tersebut, dan mengingatkan mereka pada firman Tuhan serta mendorong mereka untuk mengembalikan gadain rakyat miskin dan menghapus hutang mereka. Dan para orang kaya tersebut tergerak hatinya untuk melakukan seperti yang Nehemia katakan. Hal ini dikarenakan Nehemia memberi contoh dan teladan sebagai Gubernur yang tidak memeras dan memberatkan rakyat seperti gubernur terdahulu. Ia mendahulukan kepentingan dan kesejahteraan rakyat dibanding memperkaya dirinya. Mari kita sebagai orang percaya dan para pemimpin untuk terus mengusahakan kesejahteraan rakyat dan membudayakan gaya hidup "saling" yang diantaranya adalah saling mengasihi, menghargai, mendoakan, mengampuni, dll. Gaya hidup saling merupakan gaya hidup kerajaan Allah.

Yang kuat janganlah menindas yang lemah tetapi justru berusaha untuk mengangkat mereka supaya menjadi kuat dan memuliakan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Nehemia 5:16 "Aku pun memulai pekerjaan tembok itu, walaupun aku tidak memperoleh ladang. Dan semua anak buahku dikumpulkan di sana khusus untuk pekerjaan itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT