Devotion 767 : DEMI CINTA, IMAN PUN MELAYANG

Devotion 767 - Dr. Heintje Kobstan
DEMI CINTA, IMAN PUN MELAYANG
Bacaan: Ezra 9

Ezra yang datang ke Yerusalem dengan harapan pemulihan ternyata diperhadapkan dengan dosa para pemimpin, para imam, orang lewi bahkan masyarakat awam. Dosa inilah yang membuat bangsa Israel melawan Tuhan dan berakhir dalam penghukuman. Kebiasaan kawin campur (beda suku, kaum dan bangsa) memang telah menjadi hal yang umum dikalangan bangsa-bangsa pada waktu itu. Tetapi bagi bangsa Israel, perkawinan campur merupakan hal yang dilarang TUHAN.

Kawin campur bukan hanya melibatkan pribadi orang Israel dan bangsa lain tetapi juga keterlibatan orang Israel dalam penyembahan kepada berhala. Dan dalam sejarah Israel, ini adalah perbuatan dosa kekejian di hadapan Tuhan. Apalagi mereka yang melakukan dosa ini adalah para pemuka masyakarat, para imam dan orang Lewi yang seharusnya menjadi teladan hidup dalam kebenaran. Betapa bejat keadaan moralitas bangsa Israel yang berdiam di Yerusalem pasca pembuangan. Hal inilah yang mengakibatkan Ezra sungguh-sungguh berduka bahkan sampai merobek pakaiannya dan mencabut janggut serta rambut di kepalanya. Ezra yang tidak melakukan dosa malah bertindak mewakili orang Israel mengakui dosa-dosa mereka. Tindakan Ezra membuat seluruh rakyat yang tidak setia berkumpul gemetar karena firman Allah. Orang Israel tidak belajar dari kesalahan nenek moyang mereka tetapi cenderung untuk hidup sesuai kebiasaan bangsa-bangsa yang tidak mengenal TUHAN. Umat Tuhan masa kini juga sering tidak mau belajar dari kebenaran firman Tuhan. Dengan mengatasnamakan cinta maka mereka rela meninggalkan iman pada Tuhan yang benar dan beralih mengikuti allah lain. Jadi demi mempertahankan cinta yang berbeda kepercayaan, iman kita kepada TUHAN yang benar bisa melayang jauh. Seperti Ezra, kita harus mempertahankan iman dan berani menyatakan kebenaran supaya orang percaya lain dapat hidup dan memilih pasangan yang sesuai kebenaran firman Tuhan.

Salah memilih pasangan hidup akan mengakibatkan kesengsaraan bahkan kehilangan iman dan masa depan yang diberkati Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ezra 9:14 "...masakan kami kembali melanggar perintah-Mu dan kawin-mengawin dengan bangsa-bangsa yang keji ini? Tidakkah Engkau akan murka kepada kami sampai kami habis binasa, sehingga tidak ada yang tinggal hidup atau terluput?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT